Adab dan Doa Ketika Dipuji Oleh Seseorang

Senin, 9 Agustus 2021 05:59 WIB

Share
Adab dan Doa Ketika Dipuji Oleh Seseorang
Ilustrasi doa. (foto: ririn)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Pujian bisa dimaknai sebagai suatu hal yang positif atau negatif. Syekh Ahmad Zarruq dalam As-Syirkatul Qaumiyyah mengatakan bahwa pujian itu tidak tercela dan tidak juga terpuji, karena pujian itu dapat mengantarkan seseorang pada kesempurnaan, kekurangan, atau sesuatu selain keduanya.

Islam sebagai agama yang mementingkan kemaslahatan umat telah mengatur adab seorang Muslim ketika dipuji. Bahkan ada bacaan doa yang dianjurkan dibaca ketika mendapatkan pujian. Agar lebih memahaminya, simak penjelasan berikut.

Adab dan Doa Ketika Dipuji dalam Islam

Pujian yang diterima dari manusia bisa meruntuhkan atau meningkatkan martabat seseorang di sisi Allah. Semua tergantung dari sudut pandang mana pujian itu dimaknai oleh seseorang.

Mengutip NU Online, ketika mendapat pujian, seorang Muslim hendaknya memahami hanya Allah yang berhak menerima pujian itu. Sehingga untuk menyikapinya, ia akan mengembalikan pujian tersebut kepada Allah SWT.

Dianjurkan juga membaca doa untuk menghindarkan diri dari sikap ujub dan sombong. Berikut bacaan doanya yang dikutip dari buku Syarah Hisnul Muslim: Kumpulan Doa-doa Pilihan oleh Abdul Rosyad:

اَللَّهُمَّ لاَ تُؤَاخِذْنِيْ بِمَا يَقُوْلُوْنَ، وَاغْفِرْلِيْ مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ [وَاجْعَلْنِيْ خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ

Allahumma laa tu akhidzni bima yaquuluuna, waghfirlii maa laa ya'lamuuna Waj 'al nii khairommimmaa yazhunnuun

Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau tidak menghukumku karena apa yang mereka katakan. Ampunilah aku atas apa yang tidak mereka ketahui. Dan jadikanlah aku lebih baik daripada yang mereka perkirakan."

 

 

Reporter: Ririn
Editor: Ririn
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar