Izin Usaha UMKM Makin Mudah dengan Sistem OSS Berbasis Risiko, Baru Diresmikan Presiden

Senin, 9 Agustus 2021 16:48 WIB

Share
Dengan adanya OSS yang diresmikan Presiden Joko Widodo, iklim kemudahan berusaha di Indonesia menjadi semakin baik. (Foto: Biro Pers)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID -

Adanya Online Single Submission (OSS) diharapkan kemudahan iklim berusaha di Indonesia menjadi semakin baik. Demikian dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan peluncuranOSS berbasis risiko dalam perizinan berusaha, Senin, 9 Agustus 2021.

Saat meresmikan OSS itu, Presiden didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, dan juga dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Peresmian tersebut dilaksanakan di Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta.

"Hari ini kita meluncurkan Online Single Submission atau OSS berbasis risiko," ungkap Jokowi dalam keterangannya saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Menurut Presiden, sistem OSS berbasis risiko bertujuan untuk meningkatkan transparansi, keterbukaan, dan keterjaminan dalam mendapatkan izin berusaha bagi para pelaku usaha di Indonesia.

"Memang salah satunya untuk memutus orang yang ada di tengah-tengah itu supaya tidak ada. Sehingga, pengusaha bisa langsung ke kantor OSS lewat sistem atau platform yang kita bangun agar transparan," kata Presiden.

Peluncuran OSS berbasis risiko, lanjut Presiden, merupakan reformasi yang sangat signifikan dalam perizinan. OSS tersebut merupakan layanan perizinan secara daring yang terintegrasi, terpadu, dengan paradigma perizinan berbasis risiko.

"Dengan aplikasi tersebut, jenis perizinan akan disesuaikan dengan tingkat risikonya. Perizinan antara UMKM dengan usaha besar tidak sama," tutur Jokowi.

Presiden memerintahkan kepada para menteri, kepala lembaga, serta para kepala daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk disiplin mengikuti kemudahan dalam OSS ini.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler