Para Ilmuwan Melihat adanya Varian Covid-19 Baru yang Masih akan Berdatangan, Lebih Parah dari Varian Delta?

Senin, 9 Agustus 2021 12:37 WIB

Share
foto Unsplash

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Penyebaran virus SARS-CoV-2 yang masih terus berlanjut telah melahirkan varian alfabet Yunani. Sistem penamaan yang digunakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melacak mutasi baru virus penyebab Covid-19.

Beberapa varian Covid-19 telah melengkapi virus dengan cara yang lebih ganas untuk menginfeksi manusia atau dapat menghindari perlindungan vaksin.

Namun saat ini para ilmuwan tetap fokus pada varian Delta, karena sekarang varian ini yang  dominan meningkat pesat di seluruh dunia.

Meski begitu pencarian tetap dilakukan untuk mendapatkan varian Covid-19 lainnya untuk melihat apa saja yang mungkin bisa terjadi suatu hari nanti.

Varian Delta yang pertama kali terdeteksi di India dan hingga kini tetap menjadi yang paling mengkhawatirkan. Varian ini menyerang populasi yang tidak divaksinasi di banyak negara dan telah terbukti mampu menginfeksi proporsi yang lebih tinggi dari orang yang divaksinasi daripada pendahulunya.

WHO mengklasifikasikan Delta sebagai varian kekhawatiran, yang berarti telah terbukti mampu meningkatkan penularan, menyebabkan penyakit yang lebih parah atau mengurangi manfaat vaksin dan perawatan.

Menurut Shane Crotty, seorang ahli virologi di La Jolla Institute for Immunology di San Diego mengatakan bahwa "kekuatan super" Delta adalah kemampuan menularnya.

 

Peneliti China menemukan bahwa orang yang terinfeksi Delta membawa virus 1.260 kali lebih banyak di hidung mereka dibandingkan dengan versi asli virus corona.

Beberapa penelitian A.S. menunjukkan bahwa "viral load" pada individu yang divaksinasi yang terinfeksi Delta setara dengan mereka yang tidak divaksinasi, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler