PPKM Diperpanjang Hingga 16 Agustus, Namun Mal dan Tempat Ibadah Mulai Dibuka

Senin, 9 Agustus 2021 21:41 WIB

Share
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan perpanjangan PPKM kepada media secara virtual. (Foto: screenshot)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 kembali diperpanjang selama sepekan. Dengan demikian, perpanjangan PPKM kali ini sampai dengan tanggal 16 Agustus 2021.

Menteri Koordinator dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan pengumuman perpanjangan PPKM Level 4 tersebut dalam keterangan persnya, Senin, 9 Agustus 2021 malam.

Pada saat menyampaikan pengumuman tersebut, Luhut didampingi juga oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Ada  kebijakan yang mendapat pelonggaran pada perpanjangan PPKM Level 4 kali ini, yakni pusat perbelanjaan seperti mal, industri esensial, dan rumah ibadah mulai dibuka.

Diungkapkan Luhut, pada PPKM Level 4 pemerintah melakukan uji coba pembukaan secara gradual terhadap mal atau pusat perbelanjaan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Kendati demikian, menurut Luhut, pembukaan pusat perbelanjaan ini tetap mengikuti ketentuan, yakni kapasitas pengunjung 25 persen. Selain itu, tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker.

"Kelompok anak-anak berusia di bawah 12 tahun dan mereka yang berusia di atas 70 tahun dilarang mengunjungi pusat perbelanjaan,"  jelas Luhut.

Selain itu, dia juga menjelaskan ketentuan lain dalam penerapan PPKM khususnya di level 4, Pemerintah memberikan kelonggaran  untuk industri esensial berbasis.

"Dalam minggu ini akan disusun protokol kesehatan dengan 100 persen staf, dan nantinya akan dibagi dalam dua shif," ujar Luhut.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler