Selamat Tinggal Buku Nikah, Kemenag akan Terbitkan Kartu Nikah Berbasis Digital 

Senin, 9 Agustus 2021 11:40 WIB

Share
Buku nikah seperti ini tidak akan dipakai lagi. Kemenag akan mengganti dengan kartu nikah berbasis digital. (Foto: Kemenag)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID – 

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) secara resmi akan memberhentikan penerbitan kartu/buku nikah berbentuk fisik. Selanjutnya, mulai bulan Agustus 2021, kartu/buku nikah akan diganti berbasis format digital.

Kepala Subdit Mutu, Sarana Prasarana, dan Sistem Informasi KUA Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, Jajang Ridwan, dalam keterangan resminya, Senin (09/08/2021), mengatakan, rencana pergantian kartu nikah itu sudah tertuang dalam Surat Ditjen Bimas Islam B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 tentang Penggunaan Kartu Nikah Digital dan telah ditandatangani oleh Plt. Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Muhammad Adib Machrus.

"Kementerian Agama memutuskan untuk menghentikan penerbitan kartu/buku nikah fisik per Agustus 2021 ini. Sebagai gantinya, Kementerian Agama telah meluncurkan kartu nikah digital oleh Gus Menag bersamaan dengan pencanangan 6 KUA Model di KUA Banjarnegara pada akhir Mei lalu," kata Jajang Ridwan, sebagaimana dikutip poskota.co.id dari situs Bimas Islam Kemenag.

Menurut Jajang Ridwan, nikah/buku nikah fisik yang masih tersedia di berbagai Kantor Urusan Agama (KUA) akan segera dihabiskan dan mulai beralih ke digital. Kartu/buku nikah berbasis digital ini difungsikan sebagai sesuatu yang dapat mempermudah pasangan pengantin untuk membawa dokumen yang diperlukan saat berlangsungnya pernikahan.

Pelaksanaan digitalisasi ini ke depannya bisa membuat pasangan pengantin tidak perlu kesulitan lagi dalam membawa kartu nikah saat hendak berpergian. Selain itu, kartu nikah berbasis digital ini bisa diakses ke semua KUA yang sudah tergabung dalam Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah WEB).

"Saat ini, hampir 100 persen KUA di Indonesia sudah bisa mengakses Simkah Web," ucap Jajang.

Lantas bagaimana cara mendapatkan kartu nikah berbasis digital ini? Berikut mekanismenya.

- Pasangan calon pengantin mengisi formulir pendaftaran nikah lewat situs Simkah Web (www.simkah.kemenag.go.id)

- Pasangan calon pengatin mengisi data-data dengan lengkap, seperti nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler