Plt Jubir KPK: Secara Substansi Aturan Perjalanan Dinas KPK tidak Berubah

Selasa, 10 Agustus 2021 16:53 WIB

Share
Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri. (foto:Ist)

JAKARTA , POSKOTAJABAR.CO.ID.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara (Jubir) KPK, Ali Fikri secara tertulis lewat WhatsAppnya, menjelaskan, tidak ada perubahan secara mendasar, dalam hal ketentuan perjalanan dinas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), namun saat ini justru diperkuat dengan aturan yang jelas sehingga diharapkan perjalanan dinas lebih efisien dan dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Secara substansi aturan perjalanan dinas KPK dimaksud tidak berubah," ujarnya, Selasa (10/08/2021).

 

Namun Perpim menegaskan agar ada harmonisasi dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 113/PMK.05/2012 Pasal 11 sebagai berikut :

1.Perjalanan dinas jabatan untuk mengikuti rapat, seminar, dan sejenisnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 huruf b dilaksanakan dengan biaya perjalanan dinas jabatan yang ditanggung oleh panitia penyelenggara;

2.Dalam hal biaya perjalanan dinas jabatan untuk mengikuti rapat, seminar, dan sejenisnya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak ditanggung oleh panitia penyelenggara, biaya perjalanan dinas jabatan dimaksud dibebankan pada DIPA satuan kerja pelaksana SPD;

3.Panitia penyelenggara menyampaikan pemberitahuan mengenai pembebanan biaya perjalanan dinas jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dalam surat/undangan mengikuti rapat, seminar, dan sejenisnya. 

Materi ketentuan tersebut sebelumnya juga telah diatur dalam Perkom Nomor 07 tahun 2012 Pasal 3  huruf g

"Dalam hal komponen biaya perjalanan dinas dibayarkan oleh pihak/instansi lain maka terhadap komponen biaya yang telah ditanggung tersebut tidak dibebankan lagi pada anggaran Komisi.” kata Ali Fikri.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler