Akhir Tahun Ini Tol Bocimi Selesai, Waktu Tempuh Bogor - Sukabumi akan Lebih Cepat 

Rabu, 11 Agustus 2021 06:48 WIB

Share
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan. (Poskota)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID-
Progres Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak sepanjang 11,90 kilometer sudah 75,55 pesen. Sehingga, diperkirakan selesai sesuai rencana. Dimulai 1 Januari 2019 selesai akhir 2021. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bila pembangunan jalan tol Bocimi tuntas, maka jarak tempuh Bogor - Sukabumi, bisa lebih cepat dua jam. 

Dijelaskan Menteri Basuki, Tol Bocimi panjangnya 53,6 kilometer pembangunanya dibagi dalam 4 tahap, seksi 1 Ciawi Cigombong, seksi 2 Cigombong Cibadak, seksi 3 Cibadak Sukabumi Barat dan seksi 4 Sukabumi Barat Sukabumi Timur.

Bila seluruh tahapan Tol Bocimi selesai, jalan ini dapat menjadi jalan alternatif untuk menghubungkan berbagai kawasan pariwisata di sekitar wilayah Sukabumi seperti Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng hingga Geopark Ciletuh. 

"Tak hanya itu, ruas tol ini juga diharapkan bisa memperlancar konektivitas perekonomian karena akan tersambung dengan wilayah Jawa Barat bagian selatan seperti Bogor dan Ciawi," katanya, Selasa 10 Agustus 2021.

Menteri Basuki juga mengatakan, jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri. 

Bila konektivitas antara daerah kian lancar, diharapkan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email 

“Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kepadatan lalu lintas terutama arus komoditas,” terangnya.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra Saleh Atmawidjaja menambahkan, Ruas Tol Cigombong-Cibadak terkoneksi dengan wilayah Bogor akan terhubung dengan Tol Jagorawi. 

Hal ini membuat mereka yang melalui tol ini dapat mengurangi waktu tempuh dari Jakarta menuju Sukabumi. Bila sebelumnya 4-5 jam, melewati jalan arteri bisa menjadi 1-2 jam lebih cepat. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler