Sulawesi Utara Diguncang Gempa Berkekuatan  Skala 7.1 Magnitudo.

Kamis, 12 Agustus 2021 06:18 WIB

Share
Daerah Melonguane, Sulawesi Utara diguncang gempa berkekuatan 7.1 M, Kamais, 12 Agustus 2021. Tidak berpotensi tsunami. (Foto: BMKG)

MANADO, POSKOTAJABAR.CO.ID -

Wilayah Sulawesi Utara, sekitar Molonguane, dikejutkan dengan gempa bumi yang berkekuatan  skala 7.1 Magnitudo. Gempa terjadi pada pukul 00.46 WIB, Kamis, 12 Agustus 2021 dini hari.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tak berpotensi tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG, di akun Twitter-nya, Kamis, 12 Agustus 2021.

Getaran gempa dengan kekuatan 7.1 Magnitudo itu,  juga terasa di  sekitar daerah Talaud-Bitung. Namun, kekuatan gempa dirasakan berbeda-beda kekuatannya, sesuai dengan kedekatan setiap daerah dengan pusat gempa.

BMKG merilis dalam laman resminya, wilayah yang merasakan gempa Melonguane ini dalam skala MMI IV di Talaud, II-III di Sangihe, dan II-III Bitung.

Kemudian, daeah yang merasakan skala MMI IV, jika terjadi di siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. 

Jika posisinya berada di luar oleh beberapa orang,dirsakan seperti gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Sementara itu, dengan skala III getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Lantas dengan kekuatan skala II getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG laman resminya. (*/nst)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler