Upaya Kendali Penuh, Taliban Rebut Sejumlah Kota Besar di Afghanistan

Sabtu, 14 Agustus 2021 22:12 WIB

Share
Ilustrasi. (foto: unsplash)

KABUL, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Sejumlah kota besar di Afghanistan direbut Taliban dalam upaya memegang kendali penuh atas negara tersebut. Kota-kota di Afghanistan yang direbut Taliban, yakni, Kandahar, Herat, Lashkar Gah dan Qala-e-Naw. Saat ini, Taliban juga semakin dekat ke Kabul, Ibu Kota Afghanistan.

Kandahar adalah kota terbesar kedua di Afghanistan. Sejumlah pihak khawatir kejatuhan Kandahar ke tangan Taliban membuat kelompok tersebut semakin dekat untuk merebut Ibu Kota Kabul.

 

Sedangkan Herat adalah kota terbesar di barat Afghanistan. Sementara, Lashkar Gah di selatan dan Qala-e-Naw di barat laut negara tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat 13 Agustus 2021, total, Taliban berhasil menduduki 12 ibu kota provinsi dan dua kota lainnya di Afghanistan.

Juru bicara Taliban menuturkan bahwa kejatuhan kota-kota besar itu adalah tanda bahwa Afghanistan menyambut kelompoknya.

 

Sementara itu, pemerintah Afghanistan masih mengendalikan kota-kota utama seperti Ibu Kota Kabul, Mazar-i-Sharif dan Jalalabad dekat perbatasan Pakistan.

Serangan Taliban dimulai sejak Amerika Serikat dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menarik pasukan dari Afghanistan per Mei lalu. Sejak saat itu, Taliban menggempur pasukan pemerintah Afghanistan untuk kembali berkuasa.

Halaman
1 2
Reporter: Dikki Wahyu Afandi
Editor: Dikki Wahyu Afandi
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler