UPI Siap Produksi Disinfektan Anti Covid-19 Hasil Kerjasama dengan UNIDO PBB 

Senin, 16 Agustus 2021 07:55 WIB

Share
Para petugas tengah menurunkan barang-barang dan peralatan untuk membuat disinfektan Anti Covid-19 bantuan dari UNIDO-PBB. (Foto: Ist.)

TOKYO, POSKOTAJABAR.CO.ID-

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung mendapat hibah senilai  USD $ 50.000 atau sekira Rp 750 juta dari United Nation Industrial Development Organization (UNIDO) PBB. Hibah diberikan dalam bentuk alat dan bahan untuk kepentingan penelitian dan pengembangan serta produksi secara besar-besar cairan disinfektan sebagai salah satu anti Covid-19.

Hibah tersebut sudah diterim oleh pihak UPI, beberapa waktu lalu. Diharapkan, dengan adanya bantuan berupa alat dan bahan itu,  pihak UPI dapat melakukan inovasi dalam pembuatan cairan disinfektan. Selanjutnya, agar diproduksi secara besar-besaran untuk dimanfaatkan masyarakat luas.

Staf KBRI Tokyo, Andri Sumaryadi, mengungkapkan, bantuan itu didapat UPI setelah melakukan Nota Sekepakatan UPI-UNIDO PBB yang ditandatanganni oleh Rektor UPI, Prof. Dr. Solehudin, M.Pd, pada 26 Februari 2021 lalu.

UPI yang dalam hal ini diprakarsai oleh Direktorat Inovasi dan Pusat Unggulan, melakukan kerja sama  penelitian dengan peneliti dan perusahaan dari Jepang, Solar and Wind Technology serta menggandeng UNIDO 

Kerja sama dilakukan dalam rangka membantu masyarakat menghadapi dan mencegah pandemi Covid-19. Untuk itu, diharapkan bisa memproduksi cairan disinfektan

"Tujuan utamanya untuk bisa menghasilan produk disinfektan yang bisa membunuh bakteri dan virus.  sehingga diharapkan dapat membantu mencegah penyebaran virus Covid-19 lebih luas lagi," ungkap Andri Sumaryadi dalam rilisnya yang diterima POSKOTAJABAR.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 hingga saat ini masih merupakan masalah besar yang berdampak pada berbagai sisi kehidupan. Kondisi ini memerlukan pemikiran serius.

Oleh karena itu, dalam menghadapi masalah ini UPI berupaya untuk memberikan kontribusi dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini. Salah satunya dengan melakukan inovasi dalam pembuatan cairan disinfektan.

Disinfektan yang nantinya diproduksi UPI, berbeda dengan disinfektan pada umumnya. Cairan disinfektan ini berbahan dasar air, memiliki kekuatan yang ampuh dalam membunuh virus, kuman dan bakteri. Tetapi, sangat aman untuk manusia, binatang peliharaan. Bahkan, jika terkena pada makanan sekalipun.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler