600 Warga Afghanistan dari Kabul Diangkut Satu Pesawat Militer Amerika Serikat

Rabu, 18 Agustus 2021 19:44 WIB

Share
Ilustrasi helikopter. (foto: unsplash)

AFGHANISTAN, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Lebih dari 600 warga Afghanistan duduk di lantai kabin pesawat militer Amerika Serikat (AS) yang mengudara dari Kabul.

Foto viral tersebut menunjukkan situasi tidak biasa yang menjadi bagian dari upaya evakuasi dramatis, setelah Afghanistan dikuasai kelompok Taliban.

Sebagaimana dilansir AFP, Selasa 17 Agustus 2021, foto viral di media sosial itu didapatkan dan diunggah oleh situs berita militer terkemuka, Defense One. Foto tersebut menunjukkan situasi luar biasa di dalam sebuah pesawat transpor jenis C-17 milik Angkatan Udara AS.

 

Militer AS menyebut ada sekitar 640 warga Afghanistan di dalam pesawat militer tersebut, yang terdiri atas pria, wanita, anak-anak dan warga lanjut usia. Mereka tampak duduk saling berdesakan di lantai kabin pesawat kargo raksasa tersebut.

Menurut laporan Defense One, penerbangan yang berangkat dari bandara Kabul pada Minggu 15 Agustus 2021 malam waktu setempat itu merupakan salah satu penerbangan evakuasi yang disetujui oleh otoritas AS.

 

Namun dituturkan seorang pejabat AS kepada Defense One bahwa jumlah penumpang yang sangat banyak untuk satu penerbangan itu tidak direncanakan. Disebutkan pejabat AS itu bahwa banyak warga yang nekat memanjat dan masuk ke dalam pesawat saat pintu besar di bagian belakang setengah terbuka.

"Para awak mengambil keputusan untuk berangkat (daripada memaksa mereka keluar)," sebut pejabat AS yang enggan disebut namanya itu.

Halaman
1 2 3
Reporter: Dikki Wahyu Afandi
Editor: Dikki Wahyu Afandi
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler