600 Warga Afghanistan dari Kabul Diangkut Satu Pesawat Militer Amerika Serikat

Rabu, 18 Agustus 2021 19:44 WIB

Share
Ilustrasi helikopter. (foto: unsplash)

 

Situasi ini terjadi beberapa jam setelah Taliban menguasai Kabul dengan para petempurnya membanjiri jalanan ibu kota Afghanistan, yang membuat warga setempat yang panik berdatangan ke bandara untuk mencari penerbangan keluar dari negara tersebut.

"Jumlah penumpang yang luar biasa tinggi di dalam pesawat ini... merupakan dampak dari situasi keamanan dinamis yang membutuhkan pengambil keputusan secara cepat oleh para awak," ucap juru bicara Komando Pusat AS, Karen Roxberry, dalam pernyataannya.

"Utamanya dipastikan bahwa para penumpang ini dengan aman dibawa keluar dari negara tersebut," imbuhnya.

 

Menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware, penerbangan itu mendarat di Qatar pada Senin 16 Agustus 2021 dini hari waktu setempat. Militer AS tidak menyebut lebih lanjut tujuan penerbangan itu.

Pesawat transpor C-17 itu bukan satu-satunya pesawat militer yang membawa begitu banyak warga Afghanistan meninggalkan negaranya.

Defense One yang mengutip seorang pejabat AS melaporkan sejumlah penerbangan lainnya dari Kabul juga membawa penumpang dengan jumlah yang tak jauh berbeda.

Ini bukan momen pertama bagi pesawat Boeing C-17 yang dimiliki Angkatan Udara AS digunakan untuk evakuasi besar-besaran.

Tahun 2013 lalu, sebuah pesawat C-17 milik AS terbang dengan membawa lebih dari 670 orang dari wilayah Filipina bagian timur usai topan Haiyan melanda.

Halaman
1 2 3
Reporter: Dikki Wahyu Afandi
Editor: Dikki Wahyu Afandi
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler