Media Amerika Serikat Soroti Vonis Mantan Mensos Juliari Batubara

Selasa, 24 Agustus 2021 16:04 WIB

Share
Menteri Sosial. (foto: rri)

WASHINGTON, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Media asing AS yakni The Washington Post menyoroti vonis yang dijatuhkan untuk mantan Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara, atas kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara ditangkap pada bulan Desember setelah dia menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi, beberapa jam setelah ketua KPK secara terbuka memintanya untuk menyerahkan diri.

 

Penangkapannya terjadi sehari setelah komisi menggagalkan upaya untuk menyerahkan tujuh koper dan ransel berisi uang tunai $1,3 juta atau setara Rp18,7 miliar kepada pejabat kementerian. Ia langsung diberhentikan oleh Presiden Joko Widodo.

Kasus ini memicu kecaman publik ketika Indonesia berjuang untuk memerangi korupsi dan mengatasi dampak kesehatan dan ekonomi yang mendalam dari virus corona.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan bahwa Batubara bersalah menyalahgunakan kekuasaannya dengan memperkaya diri sendiri dan pejabat lainnya.

 

KPK juga memerintahkan dia untuk membayar denda 500 juta rupiah ($34.690), dan mengatakan dia akan dikenakan enam bulan penjara lagi jika dia tak bisa membayar.

“Terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi,” kata Hakim Ketua Muhammad Damis. “Kejahatan itu dilakukan pada saat pandemi COVID-19,” katanya menjelaskan mengapa Batubara pantas dihukum.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler