Pabrik Kayu dan Rumah di Kabupaten Garut Hangus Terbakar 

Sabtu, 28 Agustus 2021 19:19 WIB

Share
Pabrik olahan kayu di Garut terbakar petugas dan karyawan sedang melakukan pemadaman api. (foto:Ist)

GARUT, POSKOTAJABAR.CO.ID

Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Garut, kembali menangani dua kejadian kebarakan dalam 1 hari yang terjadi di Kabupaten Garut. Bahkan, kejadian ini terjadi hanya dalam kurun waktu 15 jam di hari yang sama.

Laporan pertama yang diterima melalui telepon darurat Disdamkar Garut harus berupaya melakukan pemadaman api yang membakar pabrik olahan kayu terjadi sekitar pukul 00.16 WIB, di mana berdasarkan laporan tersebut, kebakaran terjadi di Kampung Gugunungan, Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (28/08/2021). Api melalap habis sebuah bangunan material yang tiap hari memproduksi kayu milik seorang warga bernama Ade (28).

Untuk menangani kebakaran tersebut, Disdamkar Garut menurunkan 3 unit kendaraan pemadam, dan beruntung dengan cepat rambatan api berhasil dicegah oleh Disdamkar Garut sehingga permukiman sekitar terhindar dari kerugian.

Berdasarkan keterangan dari penjaga material, Fian (42), api berawal dari gundukan serbuk kayu yang mudah terbakar. Akibatnya, sebagian besar kayu-kayu hasil produksi ludes dilalap si jago merah. Meski tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini, namun, pemilik harus menelam kerugian ratusan juta rupiah.

Sementara itu, kejadian kedua terjadi di Kampung Nagara Tengah, Desa Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Kebakaran menimpa rumah milik warga atas nama Asep Dedi (47), hangus terbakar pada pukul 14.47 WIB.

Saat tim pemadam tiba di lokasi kejadian, api sempat merambat ke bagian atap mushola yang berada tepat di samping rumah yang terjadi kebakaran. Namun, berkat kerja cepat dari tim Disdamkar Garut api berhasil dipadamkan sehingga tidak merambat ke bagian utama bangunan mushola. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang belum diketahui asal mulanya api muncul ini, namun kerugian ditaksir 15 juta rupiah.

Kepala Seksi Operasi Penanggulangan Kebakaran Disdamkar Garut, Dhany Ramdhany saat dihubungi POSKOTAJABAR.CO.ID melalui handphonenya mengatakan, kejadian kebakaran akhir-akhir ini terus terjadi, dan menurutnya diperlukan kewaspadaan tinggi mengenai faktor kebakaran.

Menurutnya, bahan-bahan yang mudah terbakar hendaknya dihindarkan dari nyala api sekecil apapun. Hal ini dikarenakan rambatannya bisa menyebabkan kebakaran yang lebih besar.

"Warga masyarakat agar perhatikan faktor-faktor penyebab lainnya, seperti memeriksa instalasi listrik di rumah, memerika kondisi kompor dan selalu berhati-hati apabila menggunakan unsur api dalam kegiatan apapun, " kata Dhany. (Kris)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler