Seekor Buaya yang Dilindungi Menjadi Korban Kebrutalan TKA Asal China, Dagingnya Dibuat Sop

Sabtu, 28 Agustus 2021 23:54 WIB

Share
Sekor buaya menjadi korban kebrutalan TKA China yang memakan daging buaya yang dilindungi di Indonesia. (Foto: Instagram)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID – 

Dunia sepertinya sudah terbalik. Biasanya manusia menjadi korban keganasan buaya. Tetapi, kali ini buaya yang menjadi korban keganasan manusia. Itu terjadi di daerah Sulawesi Tenggara (Sultra). Pelakunya adalah lima orang tenaga kerja asing (TKA) asal China.

Peristiwa seekor buaya menjadi korban lima TKA asal China itu, terjadi di pabrik peleburan nikel di Pulau Sulawesi, Indonesia. Sehingga, mereka kini menghadapi hukuman lima tahun penjara setelah mereka membunuh seekor buaya dan memasaknya hingga menjadi sebuah sup.

Perbuatan mereka terekam dalam foto dan video yang kemudian menjadi viral di media sosial. Aksinya itu langsung membuat Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra mengambil tindakan hukum terhadap para penambang yang dianggap melanggar hukum Indonesia karena buaya adalah hewan yang dilindungi.

Kelima TKA asal China itu menangkap buaya pada Rabu, setelah ditemukan dalam kondisi lemah di saluran pembuangan dekat pabrik peleburan nikel yang dikelola Obsidian Stainless Steel (OSS).

"Ya, kami akan serahkan (pelaku) ke balai Gakkum untuk proses hukumnya," ujar Kasi Konservasi Wilayah II BKSDA Sultra, Laode Kaida.

Laode mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah tidak lagi menemukan bagian tubuh dari buaya tersebut. Akan tetapi, mereka masih menemukan sejumlah potongan dari sisa daging yang sudah dimasak serta adanya bercak darah.

"Jika ada unsur kesengajaan, maksimal penjara 5 tahun, sesuai dengan UU No 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistem," ucap Laode menambahkan.

Pakar telematika, Roy Suryo bereaksi keras dan mengecam ulah TKA China yang sudah membunuh dan memakan buaya tersebut. Roy Suryo bereaksi keras dan mengecam ulah TKA China itu.Hal itu diungkapkan Roy Suryo melalui akun Twitter pribadinya @KRMTRoySuryo2, pada Kamis (26/8/2021).

Menurut Roy Suryo, tindakan ini sangat biadab lantaran menyembelih buaya muara dan memakannya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler