Menteri BUMN Apresiasi PLN Dukung Delapan Ribu UMKM Hadapi Pandemi Covid-19

Minggu, 29 Agustus 2021 22:25 WIB

Share
Menteri BUMN Erick Thohir berbincang dengan salah seorang pelaku UMKM binaan PLN. (Foto: Ist.)

CIREBON, POSKOTAJABAR.CO.ID -

Menteri BUMN. Erick Thohir mengapresiasi kontribusi PLN dalam mendukung pengembangan UMKM di Tanah Air. UMKM selain membutuhkan pendanaan, juga butuh pendampingan hingga dukungan untuk menjangkau akses pasar.

“Atau menjadi research bagaimana produk itu juga berubah di masyarakat,” ujar Erick Thohir dalam acara Sharing Session di Rumah BUMN Cirebon, Jawa Barat,.Minggu, 29 Agustus 2021.

Saat pandemi Covid-19 berdampak pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. PT PLN (Persero) turut mendukung pengembangan lebih dari 8.000 UMKM melalui 29 Rumah BUMN yang dikelola perseroan di Indonesia.

Untuk itu, Erick berharap, agar PLN melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dapat terus mendukung pelaku usaha ultra mikro agar bisnisnya bisa makin berkembang.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, Agung Nugraha, menyampaikan khusus di Rumah BUMN Cirebon, Jawa Barat, PLN mendukung pengembangan 601 UMKM yang mayoritas pelaku usaha kerajinan tangan dan makanan minuman.

“Ke depan ini akan terus berkembang. Semakin banyak yang tertarik bergabung,” ungkap Agung Nugraha.

PLN melalui Rumah BUMN melakukan osialisasi kelistrikan, sosialisasi limbah dan peraturan Lingkungan Hidup, pemberian akses permodalan usaha, pendampingan pengembangan produk UMKM, hingga dukungan dalam berbagai ajang festival maupun pameran untuk pemasaran.

Sementara itu, Yani Rismawati, salah satu UMKM yang mendapatkan pendampingan dari Rumah BUMN mengaku sangat bersyukur mendapat bantuan. Selain pendampingan dari Rumah BUMN, Ia mendapatkan hibah TJSL dari PLN berupa mesin pengering regginang.

"Dengan mesin ini, saya masih bisa melakukan kegiatan produksi disaat cuaca tidak mendukung. Sementara dari Rumah BUMN saya sangat bersyukur dapat bantuan legalitas. Bergabung dengan rumah BUMN saya mendapatkan gratis, mulai dari halal hingga HAKI," ucap produsen Regginang Kidal ini.  

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler