Pasca Adanya Keributan Perebutan Kekuasaan, Keraton Kasepuhan Mulai Didatangi Wisatawan

Minggu, 29 Agustus 2021 12:32 WIB

Share
Keraton Kasepuhan Kota Cirebon Jawa Barat. (foto:Ist)


CIREBON,  POSKOTAJABAR.CO.ID.

SItuasi Keraton Kasepuhan kini terlihat kondusif bahkan para wisatawan  mulai  banyak berkunjung ke tempat bersejarah tersebut. Mereka tak terpengaruh banyak oleh  terjadinya bentrok perebutan kekuasan  25 Agustus 2021 lalu  saat Rahardjo Djali menobatkan diri menjadi Sultan Aloeda I 

Para pelancong  datang  ke tempat tersebut  banyak didominasi luar Kota Cirebon. Bahkan mereka datang jauh dari luar kota  untuk menikmati wisata religi. Hal itu ditadai banyaknya bus di  terparkir di depan Keraton Kasepuhan.


Begitupun, para abdi dalem yang bertugas di sejumlah titik, mereka bekerja seperti biasa. Salah satunya di pintu masuk, sejumlah abdi dalem dengan mengenakan blangkon dan pakaian Keraton Kasepuhan tampak ramah melayani pengunjung.

Memang peningkatan layanan dan fasilitas wisata, begitu telah banyak dilakukan. Terutama semasa mendiang Sultan Arief Natadingrat mengemban tugas sebagai sultan.



Dari mulai pintu masuk pengunjung, hingga kehadiran musium di lingkungan keraton. Begitupun hadirnya rumah makan dan ruang atau tempat pertemuan yang begitu luas di sisi sebelah timur Keraton Kasepuhan.

 Kepala Badan Pengelola Keraton Kasepuhan, Ratu Alexandra mengatakan, meski belum ramai seperti sebelum PPKM pengunjung sudah nyaman kembali berdatangan ke tempat ini.

Dalam setiap harinya karaton dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 '- 17.00 Wib. Untuk waktu tertentu gerbang utana biasa dibuka.  (Ejub)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler