Yuk, Kita Shalat Sebentar Lagi Adan Berkumandang

Senin, 30 Agustus 2021 13:54 WIB

Share
Yuk, Kita Shalat Sebentar Lagi Adan Berkumandang
Seseorang sedang melaksanakan shalat duhur untuk wilayah Kota Tasikmalaya dan sekitarnya. (Foto: Ist.)

TASIKMALAYA, POSKOTAJABAR.CO.ID

Shalat merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalankan setiap harinya terutama dalam menjalankan shalat lima waktu dimana hukumnya wajib bagi setiap umat muslim. Demikian diungkapkan KH Tete Suherman  pengasuh Pondok Pesanten Sabi'ul Huda Cicurug Kota Tasikmalaya, Senin (30/8/2021)

Menurut dia, Shalat sendiri merupakan rukun Islam yan kedua yang sangat ditekankan atau menjadi ibadah yang paling utama setelah dua kalimat syahadat. Shalat juga merupakan tiang atau pondasi agama jadi shalat sangat penting bagi kita semua.

Berikut Jadwal salat untuk Wilayah Kota Tasikmalaya dan sekitarnya, Senin(30/8/2021)

Waktu Salat Subuh pukul 04.36 WIB
Waktu Salat Dzuhur Pukul 11.53 WIB
Waktu Salat Ashar pukul 15.12 WIB
Waktu Salat Magrib pukul 17.51 WIB
Waktu Salat Isya pukul 19.00 WIB

Bahkan, kata Tete Suherman,, Pengertian Shalat Dalam buku Shalat : Hikmah Falsafah dan Urgensinya Karya Abdul Aziz Salim Basyarahil (1996 : 9) pengertian shalat itu adalah suatu ibadah yang meliputi peragaan tubuh yang khusus dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam (taslim). 

Ia menjelaskan, Shalat merupakan ibadah yang mencakup berbagai ibadah didalamnya seperti zikir kepada Allah SWT, tilawah kitabullah, berdiri menghadap Allah SWT, sujud, doa, tasbih dan takbir serta dasar hukum Shalat
Shalat sendiri sebagai salah satu tiang agama Islam maka banyak dari ayat Alquran yang memerintahkan kepada umat Islam untuk menjalankan ibadah shalat. Dimana setiap muslim yang mukallaf wajib melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari semalam. 

“Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan salat dan ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah salat itu, karena sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman,"kata Tete Suherman.

Syarat Shalat
Dalam menjalankan ibadah shalat terdapat beberapa syarat yang harus kita penuhi terlebih dahulu diantaranya yakni Beragama Islam, Memiliki akal yang sehat dan tidak gila, Sudah dewasa (baligh),Bersih dan suci dari najis, haid, nifas dan sebagainya

"Selain itu juga terdapat beberapa syarat agar sah shalat yang kita lakukan yakni Waktunya telah tiba, Suci dari hadas besar dan hadas kecil, Suci badan, pakaian, dan tempat shalat dari najis, Menutup aurat serta Menghadap kiblat," paparnya. (Kris)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar