Bupati Probolinggo dan Suaminya Ditetapkan Sebagai Tersangka, Bersama 20 Orang Lainnya

Selasa, 31 Agustus 2021 06:30 WIB

Share
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, bersama pimpinan KPK lainnya menjelaskan OTT yang dilakukan di Probolinggo. (Foto: Ist.)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID-

Sebanyak 22 orang, termasuk Bupati Probolinggo, Puput Tatriana Sari, dan suaminya yang merupakan anggota DPR RI, Hasan Aminudin, ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Koupsi (KPK), dengan tuduhan kasus suap atau jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Mereka itu semua merupakan orang-orang yang terkena operasi tangkap tangan (KPK) yang berlangsung pada Minggu, 29 Agustus 2021 lalu. KPK pun langsung menetapkan mereka sebagai tersangka, dalam rempo 1x24 jam sesuai pemeriksaan awal.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, menjelaskan, dari 22 orang tersangka itu, 4 orang merupakan penerima suap dan 18 orang adalah pemberi suap.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, KPK menetapkan 22 orang sebagaii tersangka suap hasil OTT di Probolinggo. Dengan rincan 4 orang penerima suap dan 18 orang pemberi suap,” Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, dalam keterangannya kepada para wartawan di Gedung KPK Jakarta.

Menurut Alexander Marwata, kasus yang menjerat mereka adalah kasus uapa atau jual beli jabatan terkait kepala desa di lingkungan Pemkab Probolinggo. Sehingga, diantara para tersangka selain bupati juga ada dari oknum camat.

Kepada para tersangka pemberi suap akan disangkakan pasal 5 ayat 1 huruf a atau pasal 5 ayat 1 huruf b atau pasal 13 UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Sementara itu, kepada para penerima suap disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau pasal 11 UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Adapun orang yang diduga menerima suap adalah:

1. Puput Tantriana Sari (Bupati Probolinggo)
2. Hasan Aminuddin (Anggota DPR RI)
3. Doddy Kurniawan (Camat Krejengan)
4. Muhammad Ridwan (Camat Paiton)

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler