Bupati Probolinggo dan Suaminya Pasang Tarif Segini untuk Seorang Kepala Desa

Rabu, 1 September 2021 20:19 WIB

Share
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, menyatakan, KPK sudah menetapkan Bupati Probolinggo dan suaminya menjadi tersangkaa suap jual beli jabatan kepala desa. (Foto: Ist.)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID-

Bupati Probolinggo, Puput Triana Sari, dan suaminya yang juga anggota DPR RI, Hasan Aminuddin, telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam kasus jual beli jabatan kepala desa (kades). Sebelumnya, keduanya ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK).

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, dalam pengembangan selanjutnya, pihak KPK mendapat keterangan bahwa Bupati Probolinggo dan suaminya, memasang tarif Rp 20 juta untuk jabatan kades tersebut. Dari tariff tersebut masih ada kewajiban lain bagi setiap kades yakni upeti tanah kasa desa sebesar Rp 5 juta/hektar.

“Semula, pemilihan kades serentak tahap II di Kabupaten Probolinggo, akan dilaksanakan pada 27 Desember 2021. Namun, kemudian akan dimajukan sehingga otomatis aka nada kekosongan dan harus diisi oleh pejabat sementara yang nantinya ditunjuk oleh pejabat berwenang,” ungkap Alexander Marwata.

Menurut Alexander Marwata, dengan dilaksanakannya pemilihan kepala desa serentak tahap II di wilayah Kabupaten Probolinggo terdapat terdapat 252 kades dari 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang selesai menjabat.

“Jabatan kades yang sudah selesai itu, akan ditempati oleh para pejabat yang berasal dari aparatur sipil negara (ASN). Pengusulannya dilakukan oleh camat yang menaungi desa masing-masing.,” kata Alex..

Tidak sampai disitu, pengusulan nama juga harus mendapat restu dari pihak lain yang dipercaya oleh Bupati Puput. Tak lain, orang yang diercaya itu adalah suami sang Bupati yakni Hasan Aminuddin dalam bentuk paraf dan nota dinas.

Para calon kades itu kemudian diwajibkan menyetorkan seumlah uang yang sudah ditetapkan Bupati Puput. Besarnya yakni Rp 20 juta dan upeti kas desa sebesar Rp 5 juta/hektar.

Dalam kasus tersebut, KPK mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya berbagai dokumen dan uang sejumlah Rp 362.500.000,00.

Seperti diketahui, KPK telah melakukan OTT terhadap Bupati Probolinggo Puput Triana Sari dan suaminya, Hasan Aminuddin, yang juga anggota DPR RI dari partai NasDem.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler