Catat! Kendaraan Plat Nomor Non-D, Kena Aturan Ganjil Genap Sejak Keluar Gerbang Tol Ini

Sabtu, 4 September 2021 09:01 WIB

Share
Kadishub ota Bandung, Ricky Gustiadi, dan Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Rano Hadiyanto. mengatakan, mulai Jumat 3 September 2021, akan mengawasi nomor polisi kendaraan yang keluar dari gerbang tol (GT) Paster, Buahbatu, Pasirkoja, Moh Toha, dan Kopo (Foto: Ist)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID -

Pemberlakuan aturan ganjil genap di Kota Bandung, hanya untuk kendaraan yang berplat nomor polisi selain "D". Sehingga, untuk masyarakat yang memiliki kendaraan dengan plat nomor polisi "D" aturan itu tidak berlaku.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Ricky Gustiadi, pemberlakuan ganjil genap untuk edisi kali ini, hanya diberlakukan untuk kendaraan bernomor polisi luar kota. 

"Kendaraan luar kota yang nomor polisinya tidak sesuai dengan tanggal ganjil atau genap, dipastikan tidak bisa masuk ke dalam Kota Bandung. Mereka sudah diputarbalikan sejak keluar pintu tol," ungkap Ricky Gustiadi.

Pemberlakuan aturan ganjil genap sendiri yang merupakan perpanjangan sebelumnya, diberlakukan mulai hari Jumat, 3 September 2021 hingga Minggu, 5 September 2021.

Ada perbedaan antara aturan ganjil genap yang diberlakukan pada edisi sebelumnya. Kalau sebelumnya ganjil genap berlaku untuk seluruh kendaraan di beberapa ruas jalan tertentu, edisi kali ini ganjil genap hanya berlaku untuk kendaraan berplat nomor non-"D" dan diterapkan sejak gerbang keluar tol dalam kota.

Gerbang tol masuk ke dalam Kota Bandung yang sudah dijaga ketat oleh petugas kepolisian dan Dishub itu yakni Gerbang Tol Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Mohammad Toha, dan Buahbatu. 

Ricky menjelaskan, kendaraan yang memiliki Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) di wilayah aglomerasi Bandung Raya tidak terpengaruh dengan aturan ganjil genap. Artinya, mereka bisa bisa tetap melintas dan masuk Bandung.

 "Saya tegaskan, ganjil genap ini diberlakukan untuk mobil di luar TNKB plat D. Artinya, hanya berlaku bagi mobil dari luar kota yang berplat nomor diluar 'D. Kalau nomr kendaraan aglomerasi Bandung Raya tetap diizinkan masuk," ucap Ricky.

"Yang jelas, perbedaan aturan ganjil genap sekaraang tidak diberlakukan di dalam kota. Namun, dilakukan di setiap pintu keluar tol di dalam Kota Bandung. Di setiap pintu gerbang keluar tol itu, kita tempatkan petugas untuk pelaksanaannya," tandas Ricky.  

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler