Polres Bogor Putar Balik Ratusan Kendaraan di Jalan Raya Puncak Bogor, Melanggar Sistem Ganjil Genap

Minggu, 5 September 2021 11:09 WIB

Share
Polres Bogor menurunkan Polwan dalam melakukan pemeriksaan kendaraan di Pos Penyekatan Simpang Gadog Puncak. (Foto: Poskota)

BOGOR, POSKOTAJABAR.CO.ID -

Polisi terpaksa meminta ratusan mobil untuk putar balik dari Kawasan Wisata Puncak, pada Minggu, 5 September 2021 pagi.. Hal itu akibat kendaran-kendaraan tersebut menngunakan plat nomor yang tidak sesuai di sistem ganjil genap yang diberlakukan di kawasan wisata Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor.

Menurut Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata, berdasarkan hasil pemantauan selama penerapan sistem ganjil genap tercatat di pos penyekatan Gadog ada 197 unit terdiri kendaraan roda dua dan empat.

"Yang kita putar balik ada sebanyak 139 unit kendaraan, rata-rata sepeda motor dan mobil asal luar Bogor yaitu Jakarta. Di Simpang Bundaran Love Sentul ada 90 kendaraan roda dua maupun empat diperiksa dan sebanyak 35 unit diputarbalikkan,"  ujar AKP Dicky kepada Poskota dalam keterangan pers.

Dikatakan AKP Dicky, kegiatan operasi ini mengikutsertakan sebanyak 330 personil gabungan  Satuan Lalulintas Polres Bogor dengan anggota Kodim 0621 Kabupaten Bogor.

Juga anggota Satpol PP Kabupaten Bogor, Dishub Kabupaten Bogor, dan BPBD Kabupaten Bogor. Pelaksanaan kegiatan pemberlakuan ganjil genap dalam rangka PPKM Level 3 di 2 titik lokasi Simpang Gadog.

"Satuan Lalu Lintas Polres Bogor melaksanakan kegiatan penjagaan dan pengaturan di lokasi pemeriksaan, memberhentikan kendaraan yang tidak mematuhi aturan ganjil genap. Kemudian, memutarbalikkan kendaraan yang plat nomornya tidak sesuai dengan ketentuan ganjil genap, dan menghimbau masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan di lokasi kegiatan," tambahnya.

Lebih lanjut, AKP Dicky menuturkan, penerapan ganjil genap ini adalah sebagai pengaturan mobilitas masyarakat dapat menurun dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bogor ini cepat terselesaikan.

Berdasarkan pantauan Poskota di lapangan, meski telah diberlakukan sistem ganjil genap oleh aparat gabungan Polres Bogor, pengendara mengambil moment kesempatan dengan mengambil jalan tikus untuk bisa masuk ke daerah wisata.

Selain itu, pada wekend Sabtu, 4 September 2021, sore hingga malam hari, di sepanjang Jalan Raya Puncak mulai dari SPBU Cipayung, Cilember, Pasar Cisarua, hingga sampai Rest Area Gunung Mas, kendaraan terlihat memenuhi jalan hingga di  kedua sisi terlihat macet.

Selain itu, untuk penggunaan kendaraan bukan menggunakan sistem ganjil juga masih bisa masuk lolos. Mereka menggunakan berbagai cara, seperti mencari jalan tikus atau menunggu petugas lengah. (Poskota/nst)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler