Cari Bukti Hasil Korupsi Bupati, Inilaih yang Dilakukan Tim Penyidik KPK di Beberapa Tempat di Probolinggo

Senin, 6 September 2021 05:39 WIB

Share
Plt Jubir KPK Ali Fikri mengungkapkan, Penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di tempat-tempat milik Bupati Probolinggo. (Foto: Ist.)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID-

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  Ali Fikri, mengungkapkan, bahwa Tim Penyidik KPK, telah melakukan penggeledahan  pada beberapa tempat milik Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya, Hasan Aminuddin, di wilayah Probolinggo, Jawa Timur. 

Penggeledahan ini dilakukan dalam kaitan kasus tertangkapnya Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya, Hasan Aminuddin, yang juga anggta DPR RI. Keduanya terjaring operasi angkap tangan (OTT) KPK, yag dilakukan pekan lalu di Probolinggo, Jawa Timur..

"Dari kegiatan ini tim penyidik berhasil mengamankan sejumlah dokumen, bukti-bukti elektronik, dan sejumlah uang. Pihak penyidik akan segera menganalisa untuk dilakukan penyitaan sebagai barang bukti dalam perkara tersebut," ungkap Ali Fikri. 

Hasan merupakan Wakil Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi Partai Nasdem. Mereka diduga terlibat dalam kasus suap terkait jual beli jabatan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo pada 2019. Jabatan yang mereka jadikan sebagai ladang uang adalah pemilihan kepala desa (pilkades).

Selain Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin yang tertangkap TT, KPK juga telah mengamankan Camat Krejengan, Doddy Kurniawan, Kepala Desa Karangren Sumarto, dan Camat Kraksaan Ponirin.

Kemudian, Camat Banyuayar Imam Syafi’i, Camat Paiton Muhamad Ridwan, Camat Gading Hary Tjahjono, serta dua orang Ajudan bernama Pitra Jaya Kusuma dan Faisal Rahman.

Penyidikan  perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) berupa penerimaan sesuatu oleh penyelenggara negara atau yang mewakili terkait seleksi jabatan di lingkungan Pemkab Probolinggo tahun 2021.

"Tim Penyidik KPK pada hari Kamis, 2 September 2021, telah selesai melakukan penggeledahan pada beberapa tempat di wilayah Probolinggo, Jawa Timur," ungkap Ali Fikri ketika dihubungi melalui telpon selulernya.

Menurut Ali Fikri tempat-tempat yang digeledah itu adalah: 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler