Duuh Kasihan! 42 Pencaker Karawang Diduga Tertipu Calo, Inilah Jumlah Kerugiannya

Senin, 6 September 2021 20:20 WIB

Share
ada 42 orang di Karawang menjadi korban dugaan penipuan penyaluran kerja. Para korban tersebut bertemu dengan perwakilan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang, Senin (6/9/2021) pagi di Islamic Center Karawang. (foto:Asl)


KARAWANG, POSKOTAJABAR.CO.ID,

Tercatat ada 42 orang pencari kerja (Pencaker) di Karawang menjadi korban dugaan penipuan penyaluran kerja. Para korban tersebut bertemu dengan perwakilan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang, Senin (6/9/2021) pagi di Islamic Center Karawang.

Dari pengakuan sejumlah korban, mereka harus membayar hingga Rp 15 juta agar bisa bekerja dan mendapatkan upah tinggi di salah satu pabrik otomotif di Kawasan Industri Mitra (KIM) Karawang. Total kerugian yang dialami para korban ditaksir mencapai Rp 500 juta.

Saya sudah bayar Rp 15,5 juta, itu sudah termasuk medical checkup di Klinik Chio, Karawang Barat. Saya juga mendapatkan surat tes kerja. Namun, mendekati hari pelaksanaan tes, selalu ada penguduran waktu tes," kata Wahyu asal Kecamatan Telagasari.

Dari penuturan beberapa orang korban, mereka menerima surat panggilan kerja dengan cap perusahaan yang diduga dipalsukan. Bahkan sempat melakukan tes medical check up (MCU) di salah satu klinik di kawasan Karawang Barat. Salah seorang dari korban telah melaporkan ke pihak yang berwajib.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Karawang, Endang Syafrudin mengatakan, dengan adanya kasus penipuan calo tenaga kerja yang terjadi, ia mengimbau masyarakat agar tidak mudah tergiur iming-iming bisa bekerja di perusahaan. Apalagi harus dengan biaya.

Endang menuturkan, Pemkab Karawang telah menyediakan aplikasi Infoloker untuk masyarakat. Aplikasi tersebut tujuannya untuk mempermudah memperoleh informasi lowongan kerja khususnya di Kabupaten Karawang.  "Sistem lowongan kerja online ini dapat diakses masyarakat melalui infoloker.karawangkab.go.id," ujar Endang.(asl)

 

Caption:

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler