Kota Cimahi Laksanakan Uji Coba PTM Terbatas, Inilah Penilaian Ngatiyana

Senin, 6 September 2021 19:32 WIB

Share
Kota Cimahi Laksanakan Uji Coba PTM Terbatas, Inilah Penilaian Ngatiyana
Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana melakukan peninjauan langsung pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas, di SMPN 1, Senin (06/09/2021). (foto:Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.
Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana melakukan peninjauan langsung pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM), di SMPN 1 Cimahi , Senin (06/09/2021).

Dalam kunjungan di sekolah tersebut , Ngatiyana melihat dan mengecek langsung bagaimana kesiapan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) pada uji coba pembelajaran tatap muka  (PTM) yang diselenggarakan  SMPN 1 Cimahi, seperti mengecek daftar periksa dan sarana prasarana pendukung lainnya.    

Salah satu yang menjadi faktor petimbangan diberikannya izin pembelajaran tatap muka oleh pemerintah daerah pada penerapan PPKM level 3 adalah kesiapan satuan pendidikan sesuai dengan daftar periksa. 

Sederet persiapan wajib dipenuhi oleh satuan pendidikan, antara lain sarana cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, toilet bersih, disinfektan, adanya akses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan penerapan wajib masker, pengecekan suhu tubuh dengan thermogun, memiliki pemetaan warga satuan pendidikan, serta adanya persetujuan dari komite sekolah/ perwakilan orang tua siswa juga turut menjadi  tugas bagi satuan pendidikan bersama pemerintah daerah yang harus dirampungkan ketika akan menggelar pembelajaran tatap muka.  

Hal ini dimaksudkan untuk menjamin kesehatan serta keselamatan seluruh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, serta masyarakat.

Protokol Kesehatan wajib diterapkan oleh sekolah pada uji coba PTM antara lain meliputi :

Menjaga jarak minimal 1,5 meter, Membatasi jumlah peserta didik di dalam kelas yakni sebanyak 18 orang/33% pendidikan dasar dan menengah;

Jadwal belajar dengan sistem shifting (bergiliran);
Menggunakan masker;
Mencuci tangan memakai sabun / menggunakan hand sanitizer;

Menerapkan etika batuk dan bersin;

Harus dalam kondisi sehat
Tidak diperbolehkan istirahat di luar kelas / ke kantin;
Tidak diperbolehkan melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler atau kegiatan selain KBM; 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar