Menarik Perhatian ! Ada Wanita Berpakaian Nyi Roro Kidul di Pangandaran

Senin, 6 September 2021 09:51 WIB

Share
Ada sosok wanita yang dirias menggunakan pakaian layaknya Nyi Roro Kidul sehingga menarik perhatian warga dan menimbulkan kerumunan. (foto:dry)

PANGANDARAN,POSKOTAJABAR.CO,ID

Ritual yang dilakukan oleh warga Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ternyata merupakan agenda rutin tahunan.

Kegiatan tersebut merupakan ritual Larungan Agung Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa yang dilakukan Yayasan Manunggal Rasa Kemanusiaan Cilacap, Jawa Tengah. Kelompok tersebut datang ke Pangandaran dengan terencana seperti tahun sebelumnya.

Namun karena kondisi pandemi Corona yang melarang berkerumun akhirnya agenda mereka dibubarkan aparat gabungan.

Sekretaris Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pangandaran Bangi mengatakan, kegiatan itu sangat berpotensi menimbulkan kerumunan lantaran jadi perhatian pengunjung dan warga sekitar.

"Mereka tidak berizin juga banyak orang dan potensi jadi perhatian wisatawan," kata Bangi.

Menurut Bangi, ritual baru saja dimulai tetapi aparat gabungan langsung membubarkan mereka. Karena pada pelaksanaan ritual tersedia ragam sesajen dan seekor domba hitam hidup, selain itu juga ada sosok wanita yang dirias menggunakan pakaian layaknya Nyi Roro Kidul sehingga menarik perhatian warga dan menimbulkan kerumunan.

"Sesajen batal mereka larungkan atau dibuang kelaut dan domba hidup entah dibawa kemana," sebutnya. 

Kata Bangi, sesajen yang mereka sediakan terlihat nasi tumpeng besar dengan tinggi lebih dari 1 meter serta sayuran yang disusun rapih.

"Petugas sempat beradu argumen, namun setelah diimbau melalui pengeras suara mereka akhirnya bubar," terangnya. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler