Terungkap! Jenis Vaksin Booster Covid-19 Bisa Perkuat Imun, Namun tak Efektif, Begini Kata dr Tirta

Senin, 6 September 2021 15:27 WIB

Share
Dr. Tirta saat memberikan penjelasan tentang asal usul virus (Tirtapengpengpeng/Youtube)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID –

Sejumlah negara sudah mulai mempertimbangkan akan lakukan penyuntikan vaksin booster Covid-19. Telah diketahui, vaksin booster merupakan suntikkan tambahan untuk memperkuat imun dalam tubuh seseorang.

Lantas, seberapa efektif kah vaksin dengan jenis booster untuk mencegah seseorang agar tidak terpapar Covid-19?

Menurut seorang influencer, Tirta Yudhi atau dr Tirta, kemungkinan vaksin booster bisa berjalan tidak efektif. Hal ini disebabkan, vaksin booster tidak bisa efektif apabila 80 persen warga di suatu negara kondisinya belum stabil dari suatu pandemi.

"Booster itu (dilakukan) kalau kondisi suatu negara belum 80 persen, nggak efektif," kata dr Tirta menjelaskan, dikutip melalui Youtube Deddy Corbuzier, pada Minggu, 5 September 2021.

Lebih lanjut dr Tirta menjelaksan, vaksin booster dikatakan sah digunakan oleh siapapun, asal dengan catatan kondisi warga di suatu negara sudah 80 persen yang telah mendapatkan suntik dosis vaksin.

"Sebenernya, booster itu sah-sah aja didapatkan semua orang, tapi selama (vaksinasi) belum 80 persen warga dapet, ya masa sih mas nggak etis," ujarnya.

Kendati demikian, dr. Tirta menegaskan, tidak melarang seseorang untuk mendapatkan vaksin booster. Namun, dr  Tirta berharap pada masyarakat agar bisa prioritaskan siapa yang berhak mendapatkan vaksin booster lebih dulu.

Mengingat saat ini nakes yang harus terlebih dulu mendapatkan, mengingat tugasnya memang berhubungan langsung dengan Covid-19.

"Masa udah dapat 2 minta. Padahal bukan nakes, bukan pejabat publik yang atau petugas publik (yang bersinggungan langsung dengan Covid-19)," tukasnya. (Tan)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler