25 Persen Warga Kiararcondong Masih ODF, Ini yang Dilakukan Camat Kircon

Selasa, 7 September 2021 16:26 WIB

Share
Camat Kircon Dra Rina Dewi Yanti M.Si di ruang kerjanya. Kecamatan Kiaracondong (Kircon) terus berupaya mengentaskan Open Defecation Free (ODF) atau buangair besar sembarangan. Hingga September ini tersisa sekitar 25 persen saja, dan akan tuntas akhir 2021.(foto:Aris)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID

Kecamatan Kiaracondong (Kircon) terus berupaya mengentaskan Open Defecation Free (ODF) atau buang air besar sembarangan. Hingga September ini, tersisa sekitar 25 persen saja, dan akan tuntas akhir 2021.

Camat Kiaracondong Dra Rina Dewi Yanti M.Si mengakui permasalahan ODF di wilayahnya saat ini, masih ada. Tinggal 25 persen, lagi.  Targetnya, nol persen di akhir 2021.

"Untuk itu kita bersama dengan Citarum Harum, lalu DPKP3 (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan), dan ada juga dari unsur CSR dilaksanakan proses pembuatan septitank komunal," ujar saat ditemui POSKOTAJABAR di ruang kerjanya, Selasa 7  September 2021.

Program septitank komunal diluncurkan, karena masyarakat yang masih ODF itu, terkendala dalam hal lahan.

"Sebelumnya ketika kami sisir ke lapangan, kenapa mereka belum ODF,  karena mereka terkendala lahan, akibatnya WC di rumah-rumah warga tanpa saptitank --air besar, buangan rumah tangga warga, langsung dialirkan ke sungai disekitar rumah mereka," katanya.

Solusi untuk mengatasi persoalan tersebut, kata Rina, Kecamatan Kiaracondong membuat septitank komunal yang dapat menampung saluran pembuangan bagi sebanyak 300-an pintu rumah warga.

Soal di kelurahan mana, yang saat ini warganya paling banyak ODF, Rina enggan mengatakannya, dia hanya menjelaskan se kecamatan rata-rata sekitar 25 persen saja, yang masih ODF.

Yang pasti, terang Rina, pembuatan septitank komunal, saat  itu tengah berlangsung di tiga kelurahan, yaitu Babakan Sari, Cicaheum, dan Babakan Surabaya.

Saptitank komunal, ditiga kelurahan tersebut, jelas Rina, saat ini sudah masuk tahap finising.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler