Alhamdulillah! Cimahi Tak Mencekam Lagi, Namun Warga Diminta Tak Euforia

Rabu, 8 September 2021 13:21 WIB

Share
Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengingatkan msayarakat agar tetap waspada dengan COVID-19, meski sudah terjadi penurunan.

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID -

Kasus COVID-19 di Kota Cimahi kini sudah tak mencekam seperti dua bulan lalu. Kasusnya turun drastis, sejak diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga Level 3-4.

Perbandingannya, usai libur lebaran jumlah warga Kota Cimahi yang masih terkonfirmasi aktif positif COVID-19 mencapai 900 orang lebih. Namun, data hari ini, jumlahnya tersisa 100 orang yang masih terpapar virus corona tersebut.

Sementara, jumlah total warga Kota Cimahi yang terpapar virus corona sejak tahun lalu mencapai 12.856 orang. Mayoritas sudah dinyatakan sembuh, yakni mencapai 12.521 orang. Kasus meninggal ada 232 orang.

Dari zona per RT, sudah tidak ada lagi yang masuk kategori zona merah dan zona oranye. Semua RT di Kota Cimahi, sudah masuk zona kuning yakni mencapai 65 orang serta zona hijau sebanyak 1.659 orang.

"Alhamdulillah, kalau melihat data dan penelusuran memang terjadi penurunan kasus," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Muhamad Dwihadi Isnalini. Selasa , 7 September 2021.

Menurut Dwi, jika melihat kondisi saat ini, PPKM Darurat sampai Level 3 dan 4 sangat efektif untuk menekan laju penularan COVID-19. Termasuk di Kota Cimahi. Penanggulanganpun dinilai lebik baik dari sebelumnya.

Selain itu, kata Dwi, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan cukup baik. Sehingga, sangat berdampak terhadap penurunan kasus virus corona. 

"Kalau melihat hasil saat ini, memang protokol kesehatan jadi salah satu kunci utamanya. Misal dia positif dia isolasi, gak kemana-mana. Otomatis gak menularkan kepada orang lain," ucapnya.

Kemudian, lanjut Dwi, vaksinasi COVID-19 yang digencarkan akhir-akhir ini pun memiliki peran dalam penanganan virus tersebut. Sebab, setidaknya warga yang sudah divaksin daya tahan tubuh yang terbentuk semakin baik.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler