Pembuangan Sampah ke TPS Berkurang 30 %, Ini yang Dilakukan DLHK Kota Bandung

Rabu, 8 September 2021 08:49 WIB

Share
Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Sopyan Hernadi dalam acara Bandung Menjawab. (foto:Ist)
Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Sopyan Hernadi dalam acara Bandung Menjawab. (foto:Ist)

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Sopyan Hernadi meyakini hadirnya kawasan bebas sampah (KBS) mampu mengurangi pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Rata-rata pengurangannya mencapai 30 persen.

Sopyan menjelaskan hal ini, telah terbukti di Kelurahan Sukamiskin dan Kelurahan Cihaurgeulis. Sebab, penanganan sampahnya, mulai dari hulu hingga ke hilir. Sebelum diangkut untuk diolah, sebelum dibuang ketempat sampah, sampah rumah tangga itu terlebih dahulu sudah dipilah.

"Rata-rata pengurangan sampah yang dibuang ke TPS itu di atas 30 persen, ini menunjukan bahwa kalau kita kawal pengelolaan sampah mulai dari rumah tangga sampai ke TPS itu bisa mengurangi pembuangan sampah ke TPA," katanya di acara Bandung Menjawab yang diselenggarakan secara virtual, Selasa 7 September 2021.

Sopyan mengungkapkan, total pengurangan sampah yang dibuang ke TPA dari kelurahan Cihaurgeulis pada periode Januari-Juni 2021 sebesar 136.430 Kg. Sementara total pengurangan sampah dari kelurahan Sukamiskin periode Januari-Juni 2021 sebesar 256.067 Kg.

Dengan begitu, Sopyan optimis jika kawasan bebas sampah diterapkan di semua kelurahan maka akan mengurangi jumlah pembuangan sampah ke TPA.

Perlu diketahui, saat ini jumlah sampah yang dibuang ke TPA masih cukup besar, yaitu rata-rata 1300 ton per hari, dari jumlah total timbulan sampah 1600 ton.

"Seandainya ini diterapkan di semua kelurahan, maka target kita untuk pengurangan sampah ke TPA mencapai 30 persen saya rasa bisa tercapai," imbuhnya.

"Lebih dari 100 RW sudah kita lakukan pendampingan dan penerapan kawasan bebas sampah," imbuhnya.


Sebetulnya dalam hal penanganan sampah, terang Sopyan, jika masyarakat betul-betul memahami cara memilah sampah dengan baik, mereka akan merasakan manfaat dan nilai ekonomis.

"Kita buktikan, ada kawasan pengolahan sampah mandiri di RW 08 Sarijadi. Kita set program sudah 2 bulan, dan akhirnya mereka tahu kalau dari sampah ini bisa bermanfaat," terangnya.

"Contoh kecil sampah anorganik yang dikumpulkan oleh petugas sampah, mereka bisa nabung dalam seminggu Rp200 ribu dari sampah. Dan sampah organik yang bau itu mereka olah jadi kompos tanaman dan dimanfaatkan untuk Buruan SAE," imbuhnya.

Dengan memilah sampah juga, tentu masyarakat maupun lembaga bisa mengurangi bahkan tak perlu lagi membayar biaya angkut sampah.

"Jadi yang selama ini mereka bayar untuk angkut sampah bisa dipakai untuk olah sampah," tuturnya.

Sopyan mengungkapkan, meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, tidak memperngaruhi produksi sampah. Justru, kata dia, secara variasi terjadi penambahan jenis sampah baru yaitu sampah medis seperti masker dan lain sebagainya.

Guna terjadinya penumpukan, maka untuk mengelola sampah, Kota Bandung memiliki program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan).

Terkait limbah medis, pihaknya membagi dalam dua model. Pertama sampah yang sifatnya klinis dari rumah sakit, dan pengelolaannya dilakukan secara mandiri oleh mereka.

Kedua yaitu limbah medis seperti masker yang berasal dari rumah-rumah.

"Itu kita lakukan sosialisasi dalam pengemasannya. Jadi masker bekas digunting, dibungkus dengan plastik, dan disatukan dengan sampah jenis rumah tangga lainnya," tuturnya. (Aris)
FOTO

Reporter: Suherlan
Editor: Suherlan
Contributor: Aris
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler