Tak Tega! Mendengar Jeritan Napi Minta Tolong Saat Penyelamatan Kebakaran di Lapas Tangerang

Kamis, 9 September 2021 05:51 WIB

Share
Para petugas terlihat tengah menyelamatkan korban kebakaran di Lapas Tangerang (Foto: Ist.)

TANGERANG, POSKOTAJABAR.CO.ID 

Sulit menggambarkan, bagaimana saat para narapidana (napi) berusaha keluar dari jebakan api pada kebakaran yang terjadi di Blok C2 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, Banten.

Yang tergambar pada keadian kebakaran yang terjadi Rabu, 8 Agustus 2021 dini hari itu, pastinya suasana yang mengerikan, memilukan, yang berkhir tragis, terutama bagi 41 napi yang akhirnya tewas terpanggang api.

Informasi yang diperoleh dari para petugas yang saat itu akan melakukan pertolongan atau membuka kunci ruang tahanan, para napi banyak yang menjerit dan berteriak meminta pertolongan.

Tragisnya, tidak seluruhnya bisa diselamatkan oleh petugas. Hal itu akibat api yang menjalar dan berkobar begitu cepat. Ditambah kepanikan yang melanda mereka, menjadi hambatan tersendiri dalam upaya penyelamatan itu.

Selain itu, menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Agus Toyib, kondisi tersebut terjadi karena jumlah petugas lapas terbatas. Saat kejadian, penjaga lapas hanya 12 orang. Mereka melakukan penyelamatan, namun api terus membesar.

Diungkapkan Agus, petugas sudah berupaya menolong para napi, namun dengan kondisi pintu yang terkunci sangat menyulitkan. Upaya penyelamatan dilakukan secara maksimal, namun api yang cepat menjalar membuat petugas juga kesuitan.

"Pada saat kebakaran, petugas sudah mencoba menyelamatkan para napi dengan membuka kunci pintu ruang tahanan. Pintu berhasil dibuka, pada saat api sudah membesar dan tidak bisa semua napi keluar secara bersamaan," kata Agus.

Dalam video ekslusif yang diterima oleh Poskota.co.id, terlihat dalam tayangan detik-detik petugas berusaha untuk mengevakuasi para napi yang masih terjebak di dalam sel.

Dalam suasana tak menentu dan kondisi gelap, para petugas pemadam kebakaran juga berusaha untuk menyelamatkan para korban. Terdengar suara jeritan memilukan yang diduga dari sejumlah napi yang masih selamat.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler