KM Ibu Jaya Terbalik Dihantam Ombak Jedor, Inilah Nasib 5 ABK dan Seorang Nakhodanya   

Jumat, 10 September 2021 17:39 WIB

Share
Personel Sat Polair Polres Indramayu saat menyelamatkan 5 ABK dan seorang nakhoda KM Ibu Jaya yang karam dihantam ombak. (foto:Ist.)

INDRAMAYU, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Perahu nelayan berbobot 6 gross ton tiba-tiba terbalik  dihantam ombak jedor di perairan laut Pancer Payang, Desa Pabean Udik,  Kecamatan dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat,  Kamis (9/9/2021).

Kapolres Indramayu AKBP M. Lukman Syarif didampingi Kasat Polair Iptu Suprapto mengatakan, beberapa saat setelah menerima laporan,  kapal speed boat bernomor lambung VIII-2472 milik Sat Polair Indramayu segera meluncur menuju ke lokasi karamnya KM Ibu Jaya.

Personel Sat Polair Polres Indramayu langsung memberikan pertolongan. Enam orang yang berada di kapal  yang karam tersebut berhasil diselamatkan," ujar Kapolres Indramayu AKBP M. Lukman Syarif, Kamis (9/9/2021).

KM Ibu Jaya membawa 5 orang anak buah kapal (ABK) dan seorang nakhoda bermaksud  melakukan penangkapan ikan di perairan Laut Jawa.

Kapal bertolak dari pelabuhan perikanan Karangsong pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Namun secara tiba-tiba saat baru sampai di perairan laut Pancer Payang,  KM Ibu Jaya dihantam ombak jedor dari arah belakang buritan.

Terjangan ombak jedor yang cukup keras ditambah hembusan angin kencang membuat kapal oleng dan  seketika terbalik.

 Lima ABK termasuk nakhoda, Sarwono warga Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu berupaya menyelamatkan diri di sekitar kapal yang karam.

 “Seluruh ABK dan nakhoda berusaha menyelamatkan diri dengan cara naik ke bagian atas kapal yang terbalik,” ujar salah seorang nelayan.

Dalam keadaan panik dan gugup, nakhoda Sarwono menghubungi kerabatnya agar meneruskan adanya kecelakaan laut itu ke Pos Sat Polair Polres Indramayu.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler