Gubernur Jabar Putuskan Embarkasi Asrama Haji Dibangun di Indramayu, Inilah Alasannya

Minggu, 12 September 2021 13:57 WIB

Share
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau lokasi pembangunan Embarkasi Asrama Haji di Kecamatan Lohbener didampingi Bupati Indramayu, Nina Agustina. (foto:Ist.)

INDRAMAYU, POSKOTAJABAR.CO.ID .

Gubernur Jawa Barat,  Ridwan Kamil membeberkan dipilihnya Indramayu sebagai lokasi pembangunan Embarkasi Asrama Haji,  karena Indramayu lah yang paling siap dalam menyediakan lahannya.

 “Saya di lobby oleh bupati/walikota se-wilayah Ciayumajakuning. Semua minta Embarkasi Asrama Haji di wilayahnya. Tetapi sudah saya hitung dan saya istikharah,  mana yang paling afdol.  Saya putuskan di Indramayu,” ujarnya.

Ia mengemukakan, pembangunan Embarkasi Asrama Haji di Kabupaten Indramayu sudah menjadi keputusan final dan tepat. Di komplek Embarkasi Asrama Haji itu nantinya akan dibangun masjid terbesar dan termegah di Jawa Barat.

 “Luas areal Embarkasi Asrama Haji dinilai cukup representatif, yakni 12,8 hektar. Itu cukup untuk membangun masjid yang besar dan megah,” ungkap Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat meninjau Gebyar 5.000 Vaksinasi Massal di Komplek Bumi Patra Indramayu..

Gubernur  akan mendesain sendiri masjid  yang akan dibangun di Embarkasi Asrama Haji. “Rencananya masjid ini merupakan masjid terbesar di Jawa Barat dan bentuk bangunannya mirip Masjid Nabawi di Madinah,” ujarnya.

 Masjid di Embarkasi Asrama Haji itu nantinya  merupakan paling megah se-Jawa Barat. “Saya akan bantu desain masjidnya biar luar biasa,” katanya.

 Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat,  H. Abid mengemukakan, keberadaan masjid Embarkasi Asrama Haji ini nuansa bangunannya mirip Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Makkah.

 Desainnya juga akan dilakukan sendiri Gubernur Jawa Barat. “Jadi nanti miniaturnya seperti Masjid Nabawi. Itu Pak Gubernur yang mendesain,” katanya.

Ia menambahkan, lahan pembangunan Embarkasi Haji di Kabupaten Indramayu luasnya mencapai 12,8 hektar. Proses pembangunanya dilaksanakan bertahap. Diproyeksikan tahun depan selesai.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler