Inhaler Asma Dapat Mempercepat Penyembuhan Covid-19, Begini Penjelasannya

Minggu, 12 September 2021 20:07 WIB

Share
Pemakaian inhaler asma bisa untuk proses penyembuhan Covid-19. (ist.)

JAKARTA, POSKOTAJABAR.CO.ID. -

Penggunaan inhaler asma sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi penderita penyakit saluran pernafasan (asma). Perlu diketahui, ternyata inhaler asma juga bisa berguna bagi para penderita Covid-19.

Sejumlah dokter pernah melakukan uji ilmiah terhadap penggunaan inhaler asma pada pasien Covid-19. Hasilnya, telah membuktikan, bahwa masa pemulihan mereka yang menderita virus Corona ini bisa lebih cepat dari tiga hari.

Salah satu orang dari kelompok pemulihan Covid-19, Sir Graham Brady menyarankan pemerintah, agar mulai menggunakan inhaler asma untuk para pasien Covid-19.

"Jika rata-rata waktu tinggal di rumah sakit adalah delapan hari, dan pasien Covid-19 bisa lebih cepat tiga hari jika dibantu denga inhaler asa, coba saja pemerintah mensosialisaikan ini," katanya dikutip poskota dari Daily Mail.

Menanggapi hal itu, Menteri Kesehatan Inggris Jo Churchill, menanggapinya bahwa panduan soal penggunaan inhaler asma sudah diberikan kepada dokter dan tenaga kesehatan yang bersangkutan. 

Ia katakan, sudah meminta para dokter untuk meresepkan budesonide inhalasi.

Menurut penelitian terbaru, budesonide inhalasi paling sering digunakan sebagai inhaler asma. Selain itu, sering juga digunakan sebagai inhaler penyakit paru obstruktif kronis.

"Departemen akan terus memantau hasil karena data dan analisa yang lebih rinci dari uji coba tersedia dan siap untuk panduan jika inhaler asma memang benar-benar cocok,” ucao Churchill.

"Panduan klinis telah dikeluarkan untuk kasus per kasus, tetapi budisonide inhalasi saat ini belum direkomendasikan sebagai standar perawatan di Inggris," sambungnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler