Lestarikan ! Adat Budaya Daerah Bisa Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan

Minggu, 12 September 2021 10:10 WIB

Share
Salah satu adat dipentaskan masyarakat Mundu pada acara festival Mapag Sri di wilayah tersebut. (Foto: Ist.)

CIREBON, POSKOTAJABAR.CO.ID

Adat Mapag Sri hingga kini masih menjadi budaya yang terus dilestarikan.. Budaya tersebut masih melekat di tengah masyarakat.

"Secara umum adat Mapag Sri, untuk melestarikan nilai-nilai budaya di masyarakat serta ucap syukur atas hasil alam pemberian Allah SWT selama ini," kata Bupati Cirebon Drs. Imron Rosadi pada acara Mapag Sri di Kecanatan Mundu, Sabtu (11/09/2921).

Dia mengajak semua komponen masyarakat, bisa memperbaiki dan melestarikan alam agar bisa bersahabat, jangan sampai alam dirusak.

"Kalau alam dirusak, tidak bisa membawa manfaat kepada kita kedepannya,” ujarnya.

Sebuah adat budaya yang ada di daerah menjadi daya tarik para wisatawan domestik maupun mancanegara. Orang melihat suatu daerah maupun negara dari pariwisata, adat budayanya.

“Orang pertama yang dilihat itu ciri khas seni budaya dan pariwisatanya. Kalau negara tidak mempunyai budaya dan seni mereka tidak akan melihat itu. Kami berharap kepada masyarakat dan pemerintah khususnya kecamatan harus bisa melestarikan budaya di daerahnya,” ungkapnya.

Imron mengucapkan banyak terima kasih kepada unsur panitia dari masyarakat dan pemerintah Kecamatan Mundu yang sudah mengadakan kegiatan festival adat Mapag Sri.

"Semoga kegiatan Mapag Sri dilaksanakan secara berkelanjutan. Karena dengan adanya kegiatan ini ada sejumlah manfaat salah satunya ajang silahturahmi kita bisa berkumpul dan menggenal sekaligus bisa melestarikan nilai budaya yang ada di daerahnya," katanya. (Ejub)

 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler