Buktikan ! Gina Swara Tanggapi Dugaan Reses Fiktif yang Dilontarkan HCMI

Selasa, 14 September 2021 20:26 WIB

Share
Anggota Komisi III DPRD Jabar Hj Gina Fadlia Swara SE, MM (kiri) dan Anggota Komosi II DPRD Jabar Hj Lina Ruslinawati (kanan) (Foto: Aris)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID

Anggota Komisi III DPRD Jabar Hj Gina Fadlia Swara SE, MM tanggapi demo Himpunan Cendekiawan Muda Indonesia (ICMI) yang mempertanyakan soal dugaan reses fiktif, dan transparansi anggaran reses.

"Kalau saya sih, silakan tunjukkan, dewan yang mana. Berapa persen dari 120 dewan yang tidak melakukan reses," katanya saat ditemui wartawan ketika tengah bersiap pergi melaksanakan kunjungan kerja Pansus V DPRD Jabar ke Semarang, Selasa, 14 September 2021.

Politisi Gerindra dari Dapil X (Karawang-Purwakara) ini menjelaskan, reses adalah saat dimana wakil rakyat kembali ke konstituennya, menjaring aspirasi masyarakat, aspirasi itu selanjutnya diparipurnakan, dan diserahkan ke eksekutif untuk dilaksanakan.

Mengingat, reses itu dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja daerah, maka saat reses anggota dewan didampingi oleh pihak Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD Jabar.

"Kaya saya kemarin (Reses III tahun sidang 2020-2021) di Karawang dan Purwakarta. Humas ikut mendampingi, sekaligus foto-foto kegiatan kita disana," katanya.

Karena itulah, kalau memang ada dugaan reses fiktif, sebaiknya tinggal dibuktikan saja," katanya.

Selain itu, tambah Gina pelaporan anggaran yang digunakan untuk reses tersebut juga sangat detil.

Karena itulah, foto-foto seluruh kegiatan reses selalu Gina upload ke sosial media, tujuannya banyak, selain untuk dibaca konstituen, transparasi, juga untuk bukti laporan pertanggungjawaban.

Untuk itu, Gina meminta, bila ada pihak-pihak yang merasa bahwa anggota dewan, ada yang tidak melaksanakan reses. Tinggal dibuktikan saja. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler