Malware Israel Mampu Tembus Semua Model iPhone Termasuk iPhone 13, Korbannya Aktivis Arab Saudi

Kamis, 16 September 2021 22:05 WIB

Share
Ilustrasi. (foto:unsplash)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Dilaporkan oleh kelompok Citizen Lab, bahwa perusahaan pemantau siber di Israel mengembangkan perangkat yang bisa menembus hampir semua model iPhone dengan cara yang tidak seperti biasanya.

Malware itu ditemukan dan digunakan sekurang-kurangnya sejak Februari 2021, dikutip dari Reuters, Selasa.

 

Hebatnya Malware ini adalah karena tidak perlu interaksi dengan pengguna dan bisa menyerang hampir semua model perangkat Apple berbasis iOS, OSX dan watchOS, kecuali yang diperbarui per Senin (13/9).

Apple dengan temuan Citizen Lab ini, menyatakan sudah mengeluarkan pemuan perangkat lunak untuk mengatasi kerentanan ini.

"Setelah mengidentifikasi kerentanan yang dimanfaatkan eksploit ini untuk iMessage, Apple secara cepat mengembangkan dan memberikan perbaikan pada iOS 14.8 untuk melindungi pengguna kami," kata Kepala Teknis dan Arsitektur Keamanan Apple, Ivan Krstic, dalam keterangan resmi.

 

Menurut Apple, serangan ini sangat rumit dan membutuhkan dana yang sangat banyak untuk mengembangkannya. Oleh karena itu, malware ini hanya menyasar pengguna tertentu.

"Meski pun bukan ancaman bagi mayoritas pengguna, kami tetap berusaha membela seluruh pelanggan dan secara terus-menerus menambahkan perlindungan baru untuk perangkat dan data mereka," kata Krstic.

Halaman
1 2
Reporter: Dikki Wahyu Afandi
Editor: Dikki Wahyu Afandi
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler