Nace Permana Dilantik Jadi Ketua Paguyuban LMDH Jabart, Inilah Agendanya

Jumat, 17 September 2021 19:34 WIB

Share
Nace Permana (kiri) saat acara pelantikan Pengurus Paguyuban LMDH Jawa Barat. Nace Permana dilantik menjadi Ketua Pagayuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jawa Barat menggantikan Roy Matita. (foto:asl)

KARAWANG, POSKOTAJABAR.CO.ID,

Nace Permana Dilantik menjadi Ketua Pagayuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jawa Barat menggantikan Roy Matita.

Prosesi pelantikan diselenggarakan di Kantor Perhutani Divisi Regional Jawa Barat, Bandung, Jumat (17/9/2021). Awalnya, rencana prosesi pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil.

Namun, karena situasi masih dalam pencegahan penularan Covid-19, akhirnya prosesi pelantikan dilakukan oleh Kepala Divisi Regional Jawa Barat, Amas Wijaya dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat, Epi Kustiawan.

Susunan kepengurusan Paguyuban LMDH Jawa Barat sendiri terdiri dari perwakilan paguyuban yang ada di kabupaten se-Jabar. Sedangkan, dalam pemilihan sendiri tiga bulan lalu, Nace Permana mengungguli kandidat lainnya Arifin dan Saepudin dari total suara 45 yang merupakan perwakilan dari Kawasan Pemangku Hutan (KPH) seluruh Jawa Barat dan pengurus lama Paguyuban LMDH Jawa Barat.

Nace Permana yang sebelumnya menjadi Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) KPH Purwakarta sudah menyiapkan agenda-agenda untuk pengembangan LMDH se-Jawa Barat.

"Pertama saya akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemprov Jabar berikut organisasi perangkat daerahnya dengan tujuan penguatan kelembagaan LMDH di Jawa Barat," kata Nace Permana di Karawang.

Ada sekitar 500 ribu warga di Jawa Barat yang tinggal di kawasan hutan. Artinya, ada potensi besar yang bisa dikembangkan untuk peningkatan basis ekonomi.

"Kita akan menjaring kemitraan dengan Pemprov Jabar dan dinas yang terkait dengan pengembangan warga yang ada di kawasan hutan," timpalnya.

Sejauh ini, kata Nace, ada beberapa produk hasil hutan yang menjadi unggulan, bahkan sudah ekspor ke luar negeri seperti produk kopi dan porang.(asl)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler