Wamendag Janji Berikan Kemudahan Ekspor bagi Pelaku Usaha di Cirebon

Jumat, 17 September 2021 08:48 WIB

Share
Wamendag Jerry Sambuaga, berjanji akan memberikan kemudahan ekspor bagi pelaku usaha di Kabupaten Cirebon. (foto:Ist)

CIREBON, POSKOTAJABAR.CO.ID

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI,Jerry Sambuaga menegaskan, komitmen  perjajian empat negara  diharapkan memberi kemudahan ekspor bagi pelaku usaha di Kabupaten Cirebon.

Hal itu diungkapkan wamendag saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Cirebon, Kamis (16/09/2021)

Kemitraan ekonomi komprehensif dengan empat negara yang tergabung dalam European Free Trade Association (EFTA),  antara lain Swiss, Liechtenstein, Islandia, dan Norwegia.

Menurutnya, ada alasan Kemendag melakukan kerja sama itu. Antara lain, negara EFTA punya daya beli tinggi. Kedua, sangat strategis untuk ekspor tidak langsung Indonesia ke mitra perjanjian kerja sama negara-negara EFTA di seluruh dunia.

Ketiga, hal ini pun dapat meningkatkan daya saing industri dalam negeri, seperti sektor pertanian, perikanan, manufaktur, transportasi.
Pada  periode Januari hingga Agustus 2021, nilai ekspor dari Indonesia mencapai angka 19 miliar dolar Amerika Serikat. Itu artinya angka ekspor Indonesia sangat signifikan,” ungkapnya.

Diakuinya, Indonesia memiliki sejumlah komoditas yang menjadi ekspor unggulan yakni, migas, non migas (CPO), batubara, produk elektronik, furnitur, dan olahan makanan.

Ada sekitar 7.900 sekian produk sudah masuk ke negara EFTA dengan gratis dan sangat memudahkan bagi pengusaha. Jadi, sudah saatnya pelaku usaha di Kabupatem  Cirebon memanfaatkan prefensial tersebut.

Wamendag Jerry Sambuaga, berjanji akan memberikan kemudahan ekspor bagi pelaku usaha di Kabupaten Cirebon. (Ejub)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler