Waspada ! Kota Sukabumi Masuki Masa Peralihan Musim, Inilah yang Dilakukan BPBD

Sabtu, 18 September 2021 11:20 WIB

Share
Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardani. ia menginagtkan warga untuk waspada karena Kota Sukabumi Masuki Masa Peralihan Musim. Foto: Ist.)

 

SUKABUMI,POSKOTAJABAR.CO.ID

Pancaroba atau masa peralihan antara musim kemarau ke musim hujan mulai terjadi di Kota Sukabumi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat pun mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap berbagai kemungkinan bencana yang akan terjadi.

"Berdasarkan informasi BMKG di bulan September ini ada perubahan peningkatan curah hujan di Jawa Barat termasuk Kota Sukabumi," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardani, saat ditemui di Kantor nya, Sabtu  (18/09/2021).

Dalam peralihan musim ini, lanjut Imran, BPBD Kota Sukabumi melakukan langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana meteorologi cuaca ekstrem berupa hujan yang disertai angin juga petir, dengan melakukan kajian resiko bencana.

"Berdasarkan kajian resiko bencana, ada beberapa wilayah Kota Sukabumi yang memiliki resiko tinggi bencana cuaca ekstrem," kata dia.

Imran mengungkapkan, wilayah Kota Sukabumi  yang memiliki resiko bencana paling tinggi ada di wilayah Kecamatan Cikole seperti, Keluaran Subangjaya dan sekitarnya. Bencanya berupa angin puting beliung dan longsor. Kondisi itu disebabkan oleh kontur tanah di wilayah tersebut yang memiliki kemiringan.

"Untuk risiko terendah, ada di Kecamatan Lembursitu dan Cibereum," tutur dia.

Imran mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan memastikan bahwa informasi yang diterima berasal dari sumber terpercaya diantaranya, dari situs-situs milik pemerintah.

"Kami pun pasti akan menyampaikan informasi kepada masyarakat apabila ada peringatan dini kebencanaan," imbuh dia.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler