Kabupaten Cirebon Targetkan 2024 Bebas Sampah, Ini yang akan Dilakukannnya

Minggu, 19 September 2021 11:01 WIB

Share
Kegiatan WCD menyangkut penanganan sampah terus digelorakan di seluruh dunia. Di Kab. Cirebon bebersih sampah dilakukan di Desa Dawuan Kec. Tengahtani. (Foto:Ist)

CIREBON, POSKOTAJABAR.CO.ID

Persoalan sampah tak pernah ada habisnya. Pada kondisi tertentu sampah jadi dilema bila tidak ditangani secara baik. Hal itu hampir terjadi di seluruh belahan dunia. Bukan cuma di Indonesia dapat memunculkan persoalan serius.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Pemkab. Cirebon berupaya melakukan penanganan terkait sampah. Bahkan, Pemkab Cirebon menargetkan tahun 2024 wilayah Kabupaten  Cirebon bebas sampah.

Hal tersebut diungkapan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Cirebon Dr. Deni Nurcahya, ST., M.Si pada acara World Cleanup Day (WCD) tahun 2021 di Desa Dawuan Kecamatan Tengahtani, Sabtu (18/09/2021).

Kegiatan World Cleanup Day (WCD) tahun 2021 dilaksanakan serentak di seluruh dunia. Diikuti 187 negara dan 34 Provinsi di Indonesia dengan 13 juta relawan.

Menurutnya, World Cleanup Day adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia.

“Kami di Kabupaten Cirebon ikut partisipasi dalam kegiatan WCD tahun 2021. Kita harus ikut membudayakan memilah sampah dari rumah dan melakukan bersih-bersih di lingkungan kita,” kata Deni.

"Kegiatan WCD juga merupakan bentuk bagaimana kita menjaga lingkungan sehingga prilaku dalam penanganan sampah, serta bagaimana mengelola sampah sehingga bisa menjadi nilai ekonomis tinggi. Nilai ekonomi menciptakan lingkungan bersih,” katanya.

Menurut Deni, Pemkab Cirebon sangat mendukung kegiatan WCD dilakukan sejumlah komunitas.

“Pemkab Cirebon mendukung acara ini, sebagai upaya menyadarkan masyarakat tentang hidup bersih tanpa sampah,” katanya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler