Lahan Penimbunan Limbah Pabrik Kayu Putih Jatimunggul  Indramayu Terbakar

Minggu, 19 September 2021 11:43 WIB

Share
Tumpukan limbah daun kayu putih terbakar mengepulkan asap ke udara dan mengganggu pandangan mata pengendara di jalan Provinsi Jangga – Cikamurang. (foto:)

Rute kendaraan dialihkan. Awalnya masuk ke halaman pabrik minyak kayu putih. Lalu menelusuri jalan tanah tepi hutan.

 Kendaraan bergerak perlahan ke selatan di antara sela-sela tanaman kayu putih menuju arah Desa Cikamurang atau pintu tol Cikedung.

 

Hembusan angin yang cukup kencang dari arah timur ke barat berdampak kepulan asap dan kobaran api  yang melumat tumpukan daun kayu putih kering tampak sulit dipadamkan.

 "Awas ada api. Kendaraan tidak bisa lewat," ujar petugas Perhutani yang tengah berjaga di jalan Provinsi sisi utara.

 Warga sekitar  Nur (43) mengemukakan, limbah daun kayu putih kering itu  jumlahnya sangat banyak. Ditumpuk pada lahan tanah seluas 2 hektar sehingga cukup menyulitkan upaya pemadaman yang dilakukan petugas  yang hanya menggunakan satu unit kendaraan Damkar.

 Limbah yang terbakar itu sebelumnya  memenuhi lahan lahan penampungan limbah yang terletak di depan lokasi pabrik dan persis di tepi jalan Provinsi Jangga - Cikawung. 

 Sebelum terbakar,  limbah itu memenuhi lahan penampungan berupa tanah kosong. Setelah limbah itu terbakar, sekitar seperempat lahan di sisi timur tampak kosong. 

 Limbah daun kayu putih  kering yang terbakar berjam-jam itu sebagian sudah menjadi abu.

 Tatkala Poskotajabar.co.id mendekati  lokasi kebakaran, tanah yang diliputi abu masih terasa cukup panas di telapak kaki. Rupanya abu yang melumat daun kayu putih itu masih membara. (Yan)

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler