Manfaaat Surat Al Falaq 1- 5: Arab, Latin, Artinya

Senin, 20 September 2021 23:36 WIB

Share
Ilustrasi doa. (foto: ririn)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Surat Al-Falaq, nama pendek dari Surat Qul A'udzu bi Rabb al-Falaq berada di urutan ke 113 dan Juz 30 dalam Al Qur'an. Bersama An-Nas, surat Al Falaq disebut juga al-Mu'awwidzatain.

Dilansir dari Tafsir Al Misbah jilid 15 karya Prof Quraish Shihab, al-Mu'awwidzatain diambil dari kata A'udzu dalam kedua surat tersebut yang artinya, 'aku berlindung'.

 

"Sehingga al-Mu'awwidzatain berarti dua surat yang menuntun pembacanya kepada tempat perlindungan atau memasukkannya ke dalam area terlindungi," tulis Prof Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah jilid 15 seperti dikutip POSKOTAJABAR.

Dalam riwayat HR Bukhari dan Muslim, dikutip dari buku 'Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemahan Kitab al-Adzkar' karya Imam an-Nawawi, dari Aisyah RA,

 

"Jika Rasulullah SAW beranjak pada tempat tidurnya, beliau menyatukan kedua telapak tangan kemudian beliau meniupnya, dan membaca surat Al-Ikhas, Al-Falaq, dan surat An-Nas, kemudian mengusapkan ke seluruh tubuhnya yang terjangkau, mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan, hingga tiga kali." Aisyah berkata "Ketika beliau sakit, beliau menyuruhku untuk melakukannya untuk beliau."

Siti Aisyah RA mengatakan "Ketika sakitnya semakin keras, aku yang meniupkannya dengan doa tersebut dan aku mengusap tangannya untuk mendapat keberkahan."

 

Halaman
1 2 3 4
Reporter: Dikki Wahyu Afandi
Editor: Dikki Wahyu Afandi
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler