Kembangkan Startup Lokal Guna Perubahan Kota Sukabumi Menuju Ekonomi Digital

Selasa, 21 September 2021 11:28 WIB

Share
Walikota Sukabumi,Achmad Fahmi, foto bersama usai membuka kegiatan Beranda Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. (foto:Hendra)

SUKABUMI, POSKOTAJABAR.CO.ID

Berkolaborasi dengan Sukabumi Creative Hun (SCH), Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi  menghadirkan Beranda bersama Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, Senin (20/09/2021). 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Sukabumi secara virtual dan dihadiri Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Boni Pudjianto, Plt Kepala Disporapar Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho, dan Ketua Komite Akselerasi dan Penataan Potensi Ekonomi Kreatif SCH ,Rendy Irlian Kamase. 

Ketua Komite Akselerasi dan Penataan Potensi Ekonomi Kreatif SCH, Rendy Irlian Kamase mengatakan, dalam Indonesia Digital Economy Summit 2020 Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan terus bekerja keras untuk memperbaiki ekosistem ekonomi digital. 

"Pemerintah mendukung industri digital agar karya-karya anak bangsa dapat menghadirkan transformasi digital bagi bangsa Indonesia guna terwujudnya visi Indonesia Digital Nation 2025. Diantaranya,  Kota Sukabumi sudah mulai menunjukkan geliatnya di bidang industri digital dengan mulai lahirnya beberapa industri startup," ujar dia.

Akan tetapi, lanjut dia,  ekosistem startup di Kota Sukabumi belum sepenuhnya terbentuk. Salah satu upaya nyata untuk menyiasati terkait hal tersebut dihadirkan Beranda bersama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. 

"Gerakan ini sebagai salah satu upaya menumbuhkan ekonomi digital di Kota Sukabumi," kata dia.

Rendi menjelaskan, beranda adalah sebuah ruang bertemu dan berbagi yang dikemas dalam serial diskusi publik tentang ide, cerita, atau isu terkini di berbagai subsektor industri kreatif. Sedangkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hadir sebagai ruang untuk ambil bagian menginisiasi perubahan dan bertujuan untuk memberikan peluang kewirausahaan berbasis teknologi digital ke seluruh penjuru nusantara. 

"Beranda bersama Gerakan 1000 Startup Digital menghadirkan topik seputar subsektor aplikasi dan game dengan bahasan diskusi. Diantaranya outlook industri digital di Indonesia dan industri digital (subsektor aplikasi dan game) di Kota Sukabumi," sebut dia. 

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan, SCH melalui Beranda sebagai tempat berkumpul dan berdiskusi menggelar kegiatan untuk menghadapi industri kreatif ke depannya. 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler