Pemilihan Kuwu Siap Digelar di Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, Inilah Desanya

Selasa, 21 September 2021 14:26 WIB

Share
Camat Talun Kab. Cirebon H. Abadi.Enam desa di Kecamatan Talun Kab. Cirebon bakal gelar pemilihan kuwu (Pilwu) serentak yang akan dilaksanakan pada November 202i. (foto:Ejub)

CIREBON, POSKOTAJABAR.CO.ID

Enam desa di Kecamatan Talun Kabupaten  Cirebon bakal gelar Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak yang akan dilaksanakan  November 2021 mendatang. Beberapa desa yang bakal menggelar Pilwu tersebut
adalah Ciperna, Wanasaba Lor, Sampiran, Kubang, Krandon, dan Sarwadadi. 

"Dari enam kandidat calon kuwu pada pesta demokrasi rakyat lima tahunan ini sudah ada bakal calonnya (Balonnya). Mereka yang sudah mendaftar antara dua hingga lima calon untuk satu desa sejak pendaftaran dibuka sepekan yang lalu," kata Camat Talun, Drs. H. Abadi, Selasa  (21/09/2021) di kantornya.

Disebutkan, dari penetapan minimal dua calon sebagai syarat bagi desa yang akan menggelar Pilwu terdapat calon yang lebih dari ketentuan maka akan diadakan seleksi.

"Tahapan seleksi tersebut untuk menentukan siapa calon yang memenuhi syarat untuk diikutsertakan dalam Pilwu tersebut," katanya.

Sebagai syarat yang harus dimiliki calon Kuwu minimal berpendidikan SMP di samping memiliki wawasan di bidang pemerintahan. Sosok kuwu terpilih harus tampil terdepan dan mampu  menjawab berbagai tantangan yang kian kompleks.

Dalam ajang Pilwu digelar berbagai persiapan telah dilakukan, antara lain memberi arahan kepada para calon dapat menjalankan misinya tetap menjaga kondusifitas desanya sehingga saat pemilihan berlangsung aman. 

Disinggung tentang munculnya masyarakat menjadi terkotak kotak akibat ekses Pilwu, Camat Abadi mengatakan, hal itu tidak perlu terjadi dan dalam ajang tsb pasti ada yang kalah dan menang. Dikatakan Abadi, para pendukung harus legowo. 

"Masyarakat harus dapat menerima. Karena dalam ajang Pilwu pasti ada yang kalah dan ada yang menang," katanya. (Ejub)
 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler