Pemkot Cimahi Targetkan November 100 % Vaksin Covid-19 Dosis Pertama, Ini Strateginya

Minggu, 26 September 2021 20:37 WIB

Share
Kantor Dinas Kesehatan Kota Cimahi. (Foto: Ist)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID

Pada bulan November 2021 diupayakan masalah suntik vaksin Covid-19 dapat rampung 100% untuk dosis pertama, sedangkan untuk dosis yang kedua ditargetkan rampung pada bulan Desember 2021.

Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengupayakan target tersebut berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi, cakupan vaksinasi Covid-19 terkini untuk dosis pertama sudah mencapai 74,96 persen atau 339.889 jiwa. Sedangkan dosis kedua baru 44,22 persen atau 200.491 jiwa.

Menurut Dwihadi Isnalini selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, untuk mengejar target tersebut, pihaknya akan menambah strategi pelaksanaan vaksinasi yakni dengan menyambangi rumah-rumah warga yang belum mendapatkan vaksin Covid-19, secara sambut bola.

"Kedepan kita akan mengejar sasaran di wilayah. Kalau sasarannya sudah mulai 90 persen, diusahakan door to door untuk menyasar warga yang belum divaksin," kata Dwihadi , Minggu  (26/09/2021).

Untuk mengejar target tersebut, kata Dwihadi, pola jemput bola ke rumah-rumah warga sangat diperlukan. Selain tentunya dengan progam gebyar vaksin dan juga pelaksanaan di setiap Puskesmas se-Kota Cimahi.

Ada sejumlah kategori yang disasar vaksinasi Covid-19. Dari mulai tenaga kesehatan, lanjut usia, pejabat publik, masyarakat rentan dan umum, remaja berusia 12-17 tahun hingga para ibu hamil.

"Yang belum tercapai itu untuk lansia. Nanti itu termasuk sasaran yang akan kota sisir. Termasuk juga penyandang disabilitas," ujar Dwihadi.

Untuk ketersediaan vaksin Covid-19, Dwihadi memastikan sejauh ini masih aman. Ada lima jenis vaksin yang digunakan, seperti Sinovac, AstaZeneca, Moderna, Pfizer, dan Sinoparhm.

"Stok vaksin Kota Cimahi aman alhamdulillah," ucapnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler