Tim Kecebong Bersihkan Sampah dari Sungai dan Drainase Kota Cimahi

Minggu, 26 September 2021 16:16 WIB

Share
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi M Nur Kuswandana .Tim Kecebong siap akan pantau sungai dan drainase di kota Cimahi untuk lakukan pembersihan sampah-sampah yang menyumbat aliran sungai dan drainase. (foto:Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Tim Kecebong siap memantau sungai dan drainase yang ada di Kota CImahi, dalam menghadapi musim penghujan saat ini.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, M Nur Kuswandana saat dihubungi Minggu (26/9/2021).

Menurutnya, untuk mengantisipasi musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi  mengintensifkan patroli sungai dan drainase untuk membersihkan sampah. Sebab,  akan berdampak buruk jika dibiarkan mengalir ke sungai.

Selain untuk mencegah terjadinya banjir, sampah juga menjadi salah satu pemicu tercemarnya sungai di Kota Cimahi. Bukan hanya tercemar, kualitasnya pun terlihat buruk dan warnanya sudah tidak jernih lagi.

"Antisipasi menghadapi kondisi musim hujan kami menurunkan Tim Kecebong. Sampai sekarang, kami pantau terus cuaca," ujar Nur.

Diakui Nur, dari sejumlah aliran sungai yang ada di Kota Cimahi, sungai yang paling berat sampahnya rata-rata ke Cimahi Selatan. Sungai-sungai dan drainase yang jadi pantauan tersebut seperti Cibaligo, Cibeureum, Cisangkan, dan Cihaur. 

"Paling parah itu Cibaligo dan Cibeureum yang melewati Cimindi karena mungkin banyak sampah pasar," sebut Nur.

Dikatakan Nur, Tim Kecebong sendiri rutin menyusuri sungai dan drainase di Kota Cimahi. Salah satunya untuk membersihkan sampah-sampah. 

Setelah dibersihkan, sampah-sampah itu kemudian diangkut petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler