Abah Haji Anton Dinobatkan Jadi Anggota Dewan Kehormatan Keluarga Besar Keraton Sumedang Larang

Kamis, 30 September 2021 14:51 WIB

Share
Raja Sumedang Rd. Ikik Lukman S, di Ruang Utama Srimaganti Keraton Sumedang menobatkan Abah Haji Anton Charliyan (baju merah) sebagai anggota Dewan Kehormatan Keluarga Besar Keraton Sumedang Larang. (Foto: Ist)

Abah Haji Anton berharap even yang besar ini, harus bisa melahirkan sebuah spirit, agar adat tradisi budaya seni dan sejarah, yang ada di seluruh pelosok Indonesia, nantinya bisa selangkah lebih maju.

"Kerajaan – kerajaan yang sekarang ada, beserta perangkat dan para tokohnya bisa menjadi Patron Garda terdepan dalam memajukan dan melestarikan Budaya Bangsa yang nasionalis dan religius," harapnya.

Bila harapan itu bisa diwujudkan, pasti akan terciptalah budaya bangsa yang unggul dan tangguh. Disamping itu, para raja dan Sultan yang notabene sebagai tokoh centra di daerahnya masing – masing, bisa ikut aktif dan nyata dalam membantu Pemerintah dalam rangka menekan Pandemi Covid-19 ini. Tentunya, sesuai dengab kemampuannya masing – masing.

"Karena masalah Covid-19 ini bukan hanya masalah kenegaraan tapi sudah menjadi masalah Kemanusiaan yang wajib kita bantu bersama," terangnya.

Selain itu, Abah Haji Anton juga berharap para Sultan dan Raja tetap bisa menjadi perekat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sekarang ini, perekat rasa persatuan dan kesatuan bangsa itu terus menerus di disudutkan hoax, ujaran – ujaran kebencian dari kelompok – kelompok tertentu yang anti pemerintah dengan segala cara," pungkasnya.

“Dalam kondisi apapun para raja dan sultan, harus tetap setia kepada bangsa dan negara, karena dari dulu pun para raja dan sultan lah yang paling depan memperjuangan Kemerdekaan RI sebagaimana yang tercatat dalam perjalanan sejarah bangsa," lanjutnya.

“Dengan tampil dan bersatunya para raja dan sultan, se-Nusantara yang telah dimandatkan kepada Bung Karno, Indonesia bisa mencapai gerbang kemerdekaan. Maka dari itu, sampai kapanpun yang terhormat para raja dan sultan harus tetap setia dan membela NKRI," tutupnya. (Aris)

Halaman
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler