Buruan SAE Sudah Terlihat Hasilnya, Ini Gebrakan Lanjutan  Pemkot Bandung 

Kamis, 30 September 2021 19:48 WIB

Share
Walikota Bandung, Oded M Danial. Pemerintah Kota Bandung menggelar Gerakan Berbagi Pangan Bergizi (Geber Pagi), Beraksi (Berbagi Asupan Pangan Enak Bernutrisi), dan Buruan SAE Peduli di Pendopo Kota Bandung,(foto:Ist)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID

Pemerintah Kota Bandung menggelar Gerakan Berbagi Pangan Bergizi (Geber Pagi), Beraksi (Berbagi Asupan Pangan Enak Bernutrisi), dan Buruan SAE Peduli di Pendopo Kota Bandung, Rabu 29 September 2021.

Untuk Geber Pagi ini merupakan yang ketiga kali dilaksanakan dengan "leading sektor" Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung. Kali ini dengan sasaran untuk pencegahan dan penanganan stunting di Kota Bandung.

Walikota Bandung, Oded M. Danial mengatakan gerakan ini merupakan sebuah program berkelanjutan dari urban farming yang saat ini menjadi pertanian terintegrasi Buruan SAE (Sehat, Alami, Ekonomis).

"Alhamdulillah gerakan berbagi pangan ini mulai banyak yang sudah melaksanakan. Karena urban farming ini sudah ada hasilnya, maka dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan. Khususnya saat ini dalam rangka penanganan stunting di Kota Bandung," katanya.

"Stunting itu kurang gizi. Ketika masyarakat sudah budidaya lele, ayam petelor, sampai sayuran, saya kira dengan makanan bergizi ini akan membantu menghilangkan stunting. Gerakan ini harus terus berkelanjutan," lanjutnya.

Oded optimis, jika Buruan SAE yang diprogramkan DKPP dapat dilakukan hingga tingkat RT, ke depan Kota Bandung yang tidak memiliki lahan sawah dapat menciptakan ketahanan pangan. Sehingga  Kota Bandung tidak bergantung kepada daerah lain.

"Diawali dulu dengan urban farming, kemudian muncullah inovasi-inovasi lain, dan  tidak hanya bertani di halaman rumah. Dengan Buruan SAE dan pertanian terpadu itu sangat luar biasa untuk ketahanan pangan di Kota Bandung," ujarnya.

"Bertani di lahan yang luas itu sudah biasa, tetapi pertanian terpadu di kota metropolitan, kalau berhasil itu luar biasa," imbuh Oded 

Sementara itu, Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan, Geber Pagi yang telah dilakukan sebelumnya untuk para pejuang Covid-19 seperti tenaga kesehatan, Satgas Covid-19, relawan, tim yang mengurusi jenazah Covid-19, panitia vaksinasi, hingga petugas saat PPKM Mikro.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler