HPR Harus Rutin Divaksin Rabies, Begini Penjelasan Diskanak Garut

Kamis, 30 September 2021 07:45 WIB

Share
Masyarakat khususnya pemilik Hewan Penular Rabies (HPR) dapat memelihara hewannya dengan baik serta memberikan vaksin rabies rutin setiap tahun dengan mengunjungi puskeswan terdekat. (foto:Ist)

GARUT, POSKOTAJABAR.CO.ID

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut, drh. Agustina, mengungkapkan ,sejak bulan Agustus 2021 ada sekitar 46 kasus gigitan, dengan didominasi kasus gigitan oleh anjing. Untuk tahun ini pihak Diskanak Garut sudah melakukan vaksinasi rabies kurang lebih 700 dosis.

"Kasus gigitan ada 46 kasus terbanyak kasus gigitan oleh anjing, dengan pelaksanaan vaksinasi rabies di Kabupaten Garut sebanyak 700 dosis," ujar drh. Agustina, Rabu (29/09/2021) di sela-sela acara Sosialisasi Bahaya Rabies dan Vaksinasi Rabies, di Kecamatan Balubur Limbangan di Kabupaten Garut, bersamaan dengan diperingati  Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 28 September.

Agustina mengimbau masyarakat yang memiliki Hewan Penular Rabies (HPR) untuk senantiasa memberikan vaksin rabies rutin setiap tahun.

"Masyarakat khususnya pemilik Hewan Penular Rabies (HPR) dapat memelihara hewannya dengan baik serta memberikan vaksin rabies rutin setiap tahun dengan mengunjungi puskeswan terdekat." tandasnya. 

Pihaknya dalam sepekan ini telah melakukan kegiatan dalam rangka peningkatan kesadaran masyarakat tentang bahaya rabies dengan sasaran. anak sekolah dasar di SDN 2 Wanamekar,  Kecamatan Wanaraja, Selasa (28/9/2021).

Sosialiasi juga dilakukan kepada masyarakat Kecamatan Limbangan, namun di lokasi ini, selain sosialisasi, Diskanak Garut juga menggelar vaksinasi serta konsultasi kesehatan hewan, dipusatkan di Alun-Alun Limbangan, Rabu (29/9/2021) dan menyiapkan sekitar 50 dosis vaksin rabies.

"Rencananya, Kamis (30/9/2021), kami akan kembali melanjutkan kegiatan sosialisasi dan vaksinasi rabies di Pamidangan Domba Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut," pungkasnya. (Kris)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler